OH ITB…

Posted: 24 Februari 2008 in serius

OH ITB, adalah singkatan dari open house ITB… Merupakan sebuah ajang promosi untuk memperkenalkan ITB kepada masyarakat umum dan agar mahasiswa dapat lebih mengenal jurusan, fakultas, sekolah, dan program-program studi yang ada di ITB. Program S2 Game Technology (program yang sedang saya jalani sekarang), diminta untuk ikut berpartisipasi. Dari 9 tim kecil yang dibentuk (di angkatan saya), 8 tim diperintahkan untuk menampilkan hasil yang telah dicapai dalam pengerjaan thesis.

Seluruh tim AR (AR Hydro, AR Volcano, AR Tsunami, dan AR Architectural Design) diminta tampil bersama seluruh tim simulator (Flight, Driving, dan Tank) serta tim Advance Game. Kami diberi jatah 3 tempat di stan STEI yang berlokasi di Aula Timur ITB.

Tim Advance Game menampilkan game RTS (real time strategy) yang telah mencapai versi alpha. Game ini diberi judul Sultan Agung, dan bercerita tentang perjuangan yang ditempuh Sultan Agung Hanyokrokusumo dari Mataram. Pada versi alpha ini, obyek dan karakter yang ada masih berupa tampilan default dari engine yang digunakan. Kata mereka (anggota tim advance game), mereka memilih menggarap modul networking dan game play-nya terlebih dahulu. Nanti, setelah kedua modul itu beres, barulah mereka akan menggarap tampilan karakter dan obyek-obyek yang ada dalam game world mereka. Banyak pengunjung yang mencoba memainkan game tersebut secara jaringan (sementara, baru 2 orang sekali main karena komputer yang tersedia hanya sejumlah itu).

Tim simulator menampilkan platform multi-purpose simulator yang mereka bangun. Platform ini dirancang untuk memberikan efek yang nyata pada saat pengguna memainkan game-game simulator. Terutama untuk driving simulator yang dirancang sebagai sebuah sarana pelatihan menyetir. Ketiga tim yang termasuk dalam kelompok simulator juga membuat game-game simulator mereka sendiri, namun masih belum dapat ditampilkan karena belum mencapai versi alpha. Beberapa pengunjung sempat mencoba masuk ke dalam platform tersebut, dan memainkan beberapa game berupa NFS:mrgreen:

Kelompok AR (augmented reality) menampilkan platform berupa meja yang dilengkapi dengan marker pattern yang merupakan faktor penting dalam sebuah sistem AR dan mechanical arm untuk menggerakkan monitor. Tiga tim (AR Hydro, AR AD, dan AR Tsunami) akan menggunakan platform meja ini. Sementara tim AR Volcano memilih menggunakan metoda magic book, berupa sebuah buku yang setiap halamannya berisi marker pattern yang berbeda, untuk menampilkan cerita-cerita tentang sebuah gunung berapi (proses di dalamnya, dsb). Pengunjung juga banyak yang mendatangi lokasi kelompok AR dan bertanya segala macam, termasuk mencoba magic hat yang kami buat secara mendadak dan baru ditampilkan pada hari kedua.

Perwakilan lain dari STEI adalah kelompok Sangkuriang yang menampilkan karyanya, Nusantara Online, sebuah game MMORPG. Namun saya belum sempat melihat-lihat, karena sibuk menjawab berbagai pertanyaan dari pengunjung yang penasaran dengan sistem AR.

Penasaran? Datang saja ke ITB. Hari ini (Minggu, 24 Pebruari) masih buka kok…

ps:

foto-foto menyusul…

Komentar
  1. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    wew… ajang promosi yang heboh banget pak adit. thesis tak hanya sekadar kumpulan teori comot sana comot sini, tapi ada nilai aplikatifnya. masyarakat pun bisa mengapresiasi dan mengkritisinya. salut buat pak adit dan timnya. semoga sukses selalu.

  2. phiy mengatakan:

    ITB itu Institut Tani Bogor yak:mrgreen:

    Walaah barengan, UI juga lagi BK alias Bedah Kampus,
    tapi berhubung minggu, jadi berat langkahku😆

  3. Cabe Rawit mengatakan:

    Ane udah niatan mao ke ITB… syukur kalo masih buka sampey tanggal 24🙂
    *menunggu foto*

  4. suandana mengatakan:

    # Pak Sawali
    Terima kasih atas dukungan dan doanya, Pak… Sepertinya, sekolah-sekolah juga memerlukan adanya even open house seperti ini🙄

    # afiy
    Institut Tani Bogor? Dah siap dikirimi ribuan bom, nih?😈

    berhubung minggu, jadi berat langkahku😆

    Hari minggu memang paling enak dihabiskan untuk berbaring santai menatap langit yang biru dan berhiaskan awan putih yang membentuk mosaik… Jadi iri…😦

    # Cabe Rawit
    Sabar ya, proses upload fotonya agak berat karena jaringan di kampus sedang lemot…
    Sabar… pasti kebagian kok… *bergaya ala selebritis*😎

  5. adistei mengatakan:

    makasih telah menanggapi tulisan saya, saya ingin menyaingi tulisan max i dimont tapi ga punya dukungan riset ilmiah, jadi akhirnya saya hanya menanggapi yang ada dulu hingga suatu saat akan mencapai titik bahwa saya hanya abdi hidup ajaran allah yang tak berpunya selain alat-alat penanggapan ilmu , saya tak punya ilmu, ilmu hanya milik ajaran allah dengan alquran menurut sunnah rasul(duh ngomongnya kayak yang bener aja ya!!)tapi saya ingin mengenal tantangan umat manusia sekarang ini, saya sangat prihatin dengan kepemimpinan humanisme oleh yahudi, yang ujung-ujungnya hanya memunculkan kehidupan saling baku hantam di berbagai negara bahkan antar suku bangsa,suatu saat kurun II akan benar-benar terpancang di bumi persada indoneseiaku ini, suatu tatanan dinul islam, tatanan madinatul munawarah. ya allah mantapkan lah jalanku ini dan lempangkanlah kecenderungan ini..kenapa saya kayak gini ya???ga taulah, yang pasti saya yakin bahwa iman adalah sebuah pandangan dan sikap hidup, dan itulah hidup itu sendiri, diantara 2 pilihan mau hidup khair ataukah syar???

  6. stey mengatakan:

    waahh..saya juga lagi open house..

  7. leksa mengatakan:

    walah saya kira postingan keluh kesah tentang ITB …
    hahahaha…..

  8. suandana mengatakan:

    # adistei
    Lagi-lagi saya jadi tidak bisa menanggapi banyak, karena saya tidak banyak bersentuhan dengan permasalahan itu, dan tidak ingin jadi salah bicara…
    Maaf m(_ _)m

    Tapi, jarang ada lho, yang memiliki keinginan dan keyakinan seperti itu. Mumpung baru tingkat pertama, selami aja lebih dalam… SEMANGAT!!!🙂

    # stey
    hee? benarkah? kok di blognya dak ada tulisan tentang itu?😕

    # leksa
    maaf, sudah mengecewakan…:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s