tentang saya

Darma Aditya Nursalam. Lahir di kaki gunung Kumitir (anak gunung) pada suatu hari di bulan April tahun 1981. Sejak usia 40 hari, dibesarkan di Situbondo (anak pantai). Usia 17 tahun, merantau ke Surabaya untuk belajar di jurusan Teknik Fisika ITS. Lulus tahun 2004 (sedikit terlambat), kemudian memutuskan untuk bekerja keliling Surabaya, Jember, Banyuwangi, Situbondo.

Sejak tanggal 23 Juli 2005, menjadi guru di SMKN 1 Panji Situbondo, mata diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI), Fisika, dan Jaringan Komputer.

Januari 2007, diperintahkan untuk kembali menjadi mahasiswa di STEI-ITB.

Walaupun memiliki ciri fisik yang wajib disyukuri, sayangnya masih belum ada yang mau mendampingi dalam perjalanan hidup ini. Karena itu, sampai saat ini masih dapat menikmati kisah Naruto dan teman-temannya. Juga masih dapat menikmati indahnya kesendirian (walaupun kadang ya … terasa sedih juga), karena seorang guru pernah berpesan supaya kami, murid-muridnya, selalu tersenyum.

updated on 14 Oktober 2008 :

Terhitung sejak 1 September 2008, saya mendapat tugas untuk belajar tentang Media Edukasi di Jerman, dengan beasiswa dari InWEnt, sebuah lembaga di bawah Ministry of Foreign Economic Coorperation Jerman. Tugas di sini akan berlangsung selama 1 tahun. SEMANGAAAT..!!

updated on 29 May 2010 :

Alhamdulillah, akhirnya pada tanggal 10 bulan 10 tahun 2009 kemarin, sepulang dari Jerman, ada juga gadis yang bersedia saya ajak ke pelaminan. Dan sekarang, kami sedang menunggu kelahiran anak pertama. Alhamdulillah ^^

Tapi saya teteup mengikuti perkembangan kisah Naruto, dan kawan-kawannya lho… Setiap minggu selalu updateΒ  πŸ˜›

Dan, masalah kedinasan, saya tidak lagi mengajar Jaringan Komputer. Sejak kembali dari Jerman, saya ditugaskan untuk mengampu mata pelajaran produktif untuk Multimedia, khususan untuk kompetensi “Fotografi” dan “Filmografi”. Selain itu, saya masih juga ditugaskan mengajar mata pelajaran “KKPI” (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi).

Komentar
  1. jejakpena berkata:

    Whohoho…
    Pertamax *dilempar*

    Aah… akhirnya… ^_^
    Salam kenal Mas…? Eh saya panggilnya apa nih? kok bukan suandana ya? Saya kira itu nama aslinya… πŸ™‚

    Uwaa, Fisika juga? Jumpa saudara lagi… ^^;

    Blognya bagus, ehm terlebih lagi karena pakai MistyLook juga… sama nih, *senang ada yang mengikuti jejak* πŸ˜›

    Btw, lagi S2 di ITB ya mas? Trus bisa sampai ke blog saya darimana ya asalnya? hihi….*jadi penasaran*

    Walaupun memiliki ciri fisik yang wajib disyukuri, sayangnya masih belum ada yang mau mendampingi dalam perjalanan hidup ini. Karena itu, sampai saat ini masih dapat menikmati kisah Naruto dan teman-temannya. Juga masih dapat menikmati indahnya kesendirian (walaupun kadang ya … terasa sedih juga)

    Ehm… ayo usaha lebih kuat lagi (bleh… apa ini?)
    Jodoh memang di tangan Tuhan, tapi katanya jika tidak diusahakan, akan di tangan Tuhan terus… πŸ˜‰
    Berjuang! Saya dukung dari jauh πŸ˜›

    Oh ya,
    Makasih disemangatin, Mas Suandana juga … ^^;

  2. Rifu berkata:

    *jalan-jalan dari blognya jejakpena*
    *nyampai kesini dan baca-baca postingan*
    *lho, kok ada nama Pak Budi Rahardjo disebut2? jangan2 anak ITB?*

    ternyata benar, salam kenal Mas Darma, nama saya Rifu, mahasiswa ITB juga (tapi bukan mahasiswa STEI, hihihi..).

    Walaupun memiliki ciri fisik yang wajib disyukuri, sayangnya masih belum ada yang mau mendampingi dalam perjalanan hidup ini. Karena itu, sampai saat ini masih dapat menikmati kisah Naruto dan teman-temannya.

    Lho, Mas Darma, memang ada hubungannya ya antara baca komik dan sudah punya pendamping? kalo ternyata pendampingnya juga suka baca Naruto dan kawan-kawan gimana?

  3. suandana berkata:

    #jejakpena
    selamat datang… gak penasaran lagi ‘kan?
    *sambil mencari-cari… apa yang tadi dilempar ya?*

    suandana itu adalah… nama… gini;
    su = bagus
    anda = wajah
    na = nya
    jadi, suandana itu = bagus wajahnya *jadi malu, nih, hehe…*
    nama itu pemberian dari ‘orang yang sangat berarti bagi saya’

    saya sudah lupa gimana kejadiannya sehingga bisa sampai ke tempatnya mbak jejak, jadi gak bisa cerita nih. Gomen…

    makasih dukungannya…. SEMANGAT!!!

    # Rifu
    salam kenal, Rifu… sesama mahasiswa ITB, saling dukung ya… SEMANGAT!!!

    ada hubungannya, karena selama ini saya belum menemukan pendamping yang suka Naruto dan kawan-kawan… T_T

  4. TakodokGila! berkata:

    Salam kenal πŸ™‚ ! Gubraxx! Sdh comment di postingan baru blg salam kenal, hehe πŸ˜€

    Saya panggil apa ya? Pak Guru? Om Guru? Mas Guru?
    Fisika? Tidaaaaakkkkkkk!*ceritanya sok histeris lagi* hehe :mrgreen:

  5. suandana berkata:

    # Mbak Desti
    Mau panggil apa aja terserah, yang penting tidak menimbulkan kesan terlalu tua (walaupun kenyataannya sudah tua T_T)…
    Histeris lagi? Kenapa? Kenapa? Ada sesuatu dengan fisika?

  6. Fisika itu jadi bagian masa lalu yang kelam *halah!*
    Hehe, saya jauh lebih “takut” sama fisika daripada matematik, hahaha*ketawa histeris*

    Oke, omPakMas Darma Aditya Nursalam πŸ˜€

  7. suandana berkata:

    # Mbak Desti
    *mengangguk-angguk maklum*
    Berarti saya harus bekerja keras agar anak-anak saya nanti tidak mengalami masa kelam seperti Mbak-nya ya…
    Ah, semangat!!

  8. 9racehime berkata:

    wuah,,,pak guru juga,,!
    sensei nih,,, πŸ™‚
    salam kenal, pak,,,!!!

  9. suandana berkata:

    salam kenal juga, Mbak 9racehime **kok kesannya lucu, ya? seorang hime dipanggil mbak πŸ™‚ **

  10. afiemaniez berkata:

    salam kenal….
    guru fisika ya???
    *kabuur…* hahahhahaha:p

  11. suandana berkata:

    πŸ˜†
    Salam kenal juga buat afiemaniez yang suka kabur…
    Kenapa, sih? Sama cerita dengan Mbak Desti ya?

  12. arul berkata:

    ITS pisan ❓

  13. artul berkata:

    Salam kenal pak guru.. lagi baca-baca nih.

    Nilai fisika saya gak jelek2 amat loh..
    /* sok promosi

  14. afiemaniez berkata:

    kenapa kabur? waktu sma saya pernah keracunan mata pelajaran yang satu ini.
    gejala keracunan mata pelajaran fisika:
    1. kulit menghitam (ampe sekarang kayaknya :p)
    2. mata berkunang2
    3. sering merasa lapar
    4. selalu ingin tidur…:p
    padahal saya sebenarnya cinta banget sama fisika, sayang , cinta saya bertepuk sebelah tangan. nilai2 fisika semasa sma tidak pernah beranjak dari 6,5…T_T

  15. suandana berkata:

    # arif
    Salam kenal juga…
    Nilai fisikanya bagus-bagus ya? Oke, pertahankan & kalo bisa ditingkatkan… *kok nadanya seperti guru beneran ya?*
    πŸ™‚

    # afie
    Ooo… Karena tidak mengerjakan PR atau bolos waktu pelajaran Fisika terus dihukum berdiri di lapangan selama … jam? Sehingga akhirnya kulit menghitam, mata berkunang-kunang karena lapar dan ngantuk Benar begitu ceritanya? πŸ™‚
    Mungkin karena cintanya tidak dibuktikan, sih… Jadinya, bertepuk sebelah tangan deh πŸ™‚

  16. axireaxi berkata:

    holaa.., salam jumpa
    (^_^)

  17. isez berkata:

    hualow…
    kenalaaaaan….
    waaa…sekarang tinggal di bdg ya??

  18. afiemaniez (males login...) berkata:

    wah…..guru fisika saya bilang ke anda ya?? ckk…ck…saya ternyata dijadikan bahan rumpian,…:p guru saya bilang apa lagi???
    heheheheh:p

  19. suandana berkata:

    # Pak Adi
    Salam kenal, Pak…

    # Isez
    *Salaman….*
    Iya nih, Setahun kudu tinggal di Bandung.

    # Afie
    Katanya, Afie punya sebuah janji yang belum ditepati sampai sekarang. Hayo, janji apaan nih? πŸ™‚

  20. afiemaniez berkata:

    ha? janji? apa aku lupa lom bayar LKS ya?? (whuahahahhaha….jadi kangen LKS2 jaman2 sma…)

  21. suandana berkata:

    Wah, sayangnya beliau tidak mau memberi informasi tentang janji itu. Katanya, kalau lupa, Afie harap menghubungi beliau langsung … *pasang-tampang-serius*

  22. Rizma berkata:

    walaaah,, Ma blom ngabsen,,

    Saya paak!

  23. suandana berkata:

    *cek absen*
    Rizma?
    Hmm… Sudah hadir ya?
    PR-nya mana? Ayo, dikumpulkan!

  24. cakmoki berkata:

    Salam kenal Mas πŸ™‚
    wah asal Situbondo ya … hehehe tetangga nih, sy dari Jember, nyebrang ke Kaltim (kalifornia timur)
    … taretan dibik … πŸ˜€

  25. dnial berkata:

    Saya sudah comment di sini…
    Saya sudah comment di sini…
    Saya sudah comment di sini…
    Saya sudah comment di sini…
    Saya sudah comment di sini…

  26. suandana berkata:

    # cakmoki
    Wah, taretan dibik ya ternyata… Salam kenal juga Pak… πŸ™‚

    # dnial
    Vivat ya… *ITS-connection nih* πŸ™‚

  27. Master Li berkata:

    Yaha~? Penggemar Naruto ya?

  28. suandana berkata:

    Iya… Banget

  29. btyop berkata:

    wah, sekarang malah ke blog seorang bapak guru ^_^

    met kenal pak ^_^

    semoga bisa menjadi guru yg baik yang dapat membawa murid2nya ke pintu sukses ^_^

  30. Lintang berkata:

    hmm seorang guru lagi. nambah lg deh temen saya. salam kenal ya…

  31. mathematicse berkata:

    Salam kenal mas….

    mudah2an dalam kesendiriannya akan segera menemukan yang juga sendiri… hehe πŸ™‚

  32. mina berkata:

    O, pak guru?
    Assalamualaikum pak guru ^_^
    terima kasih sering berkunjung ke blog saya. Blog pak guru keren dan bagus. Tulisannya juga keren !! XD

    Numpang nulisin blog di blogroll ya, pak guru.
    makasih sebelumnya, untuk ijinnya jg πŸ™‚

    wassalam

  33. suandana berkata:

    # btyop
    Salam kenaal…
    Amin… Makasih doanya πŸ™‚

    # mbak lintang
    Salam kenal juga, Mbak…

    # mas Al
    Amin… Makasih doanya πŸ™‚

    # mbak mina
    Waalaikumsalam… Terima kasih sudah mampir ke sini dan terima kasih atas pujiannya.

    Saya juga ingin nambah blogroll sih, tapi masih belum tahu caranya kalau di wordpress ini… *ketahuan deh, kalau gaptek* 😦

  34. chiw imudz berkata:

    wah…mulai rame…mulai rame…

  35. the23wind berkata:

    assalamualaikum…
    jazakillah dah mampir, lam kenal…

  36. suandana berkata:

    # Siwi
    πŸ˜€ yah… begitu lah… Alhamdulillah…

    # Mbak Rie
    Waalaikumsalam…
    Sama-sama ya Mbak, salam kenal juga (lagi) πŸ˜€

  37. arul berkata:

    blogku ada di blogroll, ta add yah mas… πŸ™‚

  38. mybenjeng berkata:

    salam kenal dari gresik…

  39. uwie berkata:

    Ass.
    Salam kenal pak guru.. Wuih fisika…kereeen. dari SMP ampe kuliah, fisika gak pernah ngerti he..he.. kalo pun ngerti dikit2.

  40. suandana berkata:

    # arul
    Monggo, silahkan…

    # mybenjeng
    Salam kenal juga, Pak…

    # Uwie
    Waalaikumsalam…
    Salam kenal juga… Sekeren itukah fisika? Ngerti sedikit tapi ‘dalam’, itu jauh lebih baik daripada ngerti banyak tapi serba ‘tanggung’ lho… πŸ˜€

  41. uwie berkata:

    betul juga…

  42. deKing berkata:

    yang penting tidak menimbulkan kesan terlalu tua (walaupun kenyataannya sudah tua T_T)

    Ah seandainya saja Rifu mau menerapkan hal itu…niscaya panggilan PAK tidak melekat di depan nama saya. Lha saya ini masih lebih muda dari Mas Suandana hehehe
    Eh kok malahan jadi omongin Rifu…hehehe
    Salam kenal Mas

  43. suandana berkata:

    # deKing
    Walaupun lebih muda, tapi kalau sudah pantas dipanggil PAK (kan seorang guru mesti dipanggil begitu kan?), ya harus rela toh? πŸ˜€

    Iya deh, saya gak manggil PAK… Enaknya dipanggil apa ya?

    Soal Rifu mah, biarin aja… Tidak usah dipedulikan πŸ˜›

    Salam kenal juga…

  44. wedulgembez berkata:

    masih jomblo ya?. mungkin ceweknya gak mau ama cowok yang pintar, takut dikadalin….hehehe

  45. ninoy berkata:

    wah wah saya dapet nomor urut yang ke 45 nih…gmn dunks pak guru? masih bisa kan ya ikut kelas bapak?

    salam kenal ya pak *cium tangan bapak guru*

  46. suandana berkata:

    # wedulgembez

    masih jomblo ya? mungkin ceweknya gak mau ama cowok yang pintar, takut dikadalin….hehehe

    Sekarang (19 Juli 2007), iya… T_T
    Terima kasih, dipuji pintar *terharu*

    # ninoy
    Ada kesalahan di buku absen nih, yang benar dapat nomor 46 πŸ˜€ .
    Salam kenal juga…
    *panas-dingin karena tangan ini dak biasa dicium*

  47. Fajar berkata:

    syalam kenal

    πŸ™‚

  48. cK berkata:

    ada hubungannya, karena selama ini saya belum menemukan pendamping yang suka Naruto dan kawan-kawan… T_T

    sepupu saya suka naruto, tapi masih kelas 2 sma kekekekekk πŸ˜†

    eh salam kenal pak, eh mas, eh apa ya??? bingung manggilnya apa πŸ˜›

    btw saya juga guru lhoo…tapi guru musik hihihi :mrgreen:

    aaakhhhh…saya nggak suka fisika. abis dulu guru saya sentimen ke saya. *punya pengalaman buruk sama guru fisika*

  49. suandana berkata:

    # Fajar
    Salam…
    Selamat datang di pojokan ini

    # Mbak Chika

    sepupu saya suka naruto, tapi masih kelas 2 sma kekekekekk πŸ˜†

    Hehehe… Iya, yang suka Naruto (yang pernah saya temui) itu kebanyakan masih SMA. 😦

    eh salam kenal pak, eh mas, eh apa ya??? bingung manggilnya apa πŸ˜›

    Salam kenal juga… Soal panggilan, terserah deh mau manggil apa. Yang penting jangan menimbulkan kesan bahwa saya sudah tua πŸ˜€

    btw saya juga guru lhoo…tapi guru musik hihihi :mrgreen:

    Wah, rekan nih… *salaman* Pokoknya guru πŸ˜€

    *punya pengalaman buruk sama guru fisika*

    Tenang saja, Mbak… Guru fisika yang ini (baca: saya), akan berusaha untuk tidak sentimen kepada siapapun juga, agar fisika tidak lagi menjadi bidang ilmu yang tidak paling tidak disukai setelah matematika
    *pasang-tampang-serius*

  50. duh Jungjunan berkata:

    alooooooooooow low low low
    gimana kabarnya anak pantai?
    saya pasang linknya ya :D, tengkyu pa

  51. itikkecil berkata:

    blog dirimu saya link ya????? boleh ya????

  52. cK berkata:

    blognya saya link yaaa πŸ˜€

  53. Bindrang berkata:

    Liwatt………<*{{{-<…..”,,,

  54. suandana berkata:

    # Liez, Mbak itikkecil, Mbak Chika, Bindrang

    Monggo, silahkan…

  55. enggar berkata:

    Salam kenal. Bertambah lagi teman guru saya πŸ™‚

  56. suandana berkata:

    Salam kenaaaal… *penuh semangat*

  57. […] DeBe, om Sora, dan anakku temen cowo yang AGAK bijak macam Deking, Bang Eby, Cakmoki, Mas Teguh, Mas Adit sampekΒ penjualΒ cilokΒ , pemain band danΒ Β cowokΒ gakΒ jelasΒ semacam […]

  58. Walaupun memiliki ciri fisik yang wajib disyukuri, sayangnya masih belum ada yang mau mendampingi dalam perjalanan hidup ini.

    ojo sampek gak mensyukuri ciri fisikmu!
    kekekekeke

    :mrgreen:

  59. suandana berkata:

    # Siwi yang sudah jadi nyonya

    πŸ˜† πŸ˜†

  60. sagung berkata:

    sagung was here.

    sori numpang tenar. wakakaka…

  61. vend berkata:

    lho, mantan orang ITS juga?
    kalo aku masih terdampar di sana.. 😐

  62. suandana berkata:

    # sagung
    Monggo, silahkan mejeng… Semoga tambah tenar… SEMANGAT!

    # vend
    Iya… VIVAT!!!

  63. axireaxi berkata:

    ehm.., blogroll “Pak Adi” itu mengarah ke blog saya ya?

    spt-nya perlu diperbaiki tuh…
    saya bukan fisikawan hihihi…
    dan saya tdk seumuran dg “Pak Budi Rahardjo” (^_^)

    biar gampang, tulis aja “axireaxi” gitu

    trimakasih
    adi.n

  64. Adityo Ananta berkata:

    Lho memang kl sudah berkeluarga tidak bisa menikmati manga/anime lg ^-^?

  65. suandana berkata:

    # axireaxi
    Sudah saya ganti… πŸ™‚

    # Mas Ananta
    Takutnya sih begitu… Disuruh jaga anak lah… Disuruh bantu masak lah… Disuruh ********** lah… πŸ˜€

  66. gies berkata:

    salam kenal:) mampir ke blog ini setelah piknik ke blog cakmoki, ternyata bede se ngarteh ca’ medhurre kiyah

  67. suandana berkata:

    # gies
    Salam kenaaal… Taretan nih… πŸ˜€

  68. danasatriya berkata:

    saya itungannya junior ato senior sampeyan? :p
    ortu saya dari besuki lowh pak.. tetangga kan yak

  69. suandana berkata:

    # Dana
    Hmm… Kalau dari segi umur, sepertinya saya lebih tua T_T. Tapi kalau dari segi masuk ITB, sepertinya saya junior
    *ehem, masih muda euy… :mrgreen:*

    Wah, orang Besuki? Yup, tetangga nih…

  70. Liezmaya.web.id berkata:

    met siang….pa guyu gimana kabarnya?

  71. suandana berkata:

    # Liez
    Siaaaang… Wah, lama dak mampir nih. Mau protes nih, bingung baca blognya. Full Sundanese sih… 😦

  72. suandana berkata:

    # deethalsya
    *salaman*
    Bawa sesuatu yang bisa dimakan nggak? Kan baik hati… πŸ˜€

  73. gies berkata:

    taretan, selamat menunaikan ibadah puasa yaah…
    mohon dimaapkan segala kesalahan sengko’

  74. suandana berkata:

    # Gies
    Sama-sama… Ta’ paleman? Kan awal puasa…

  75. gies berkata:

    paleman nya nanti, sekaligus tellasen kalo sampeyan?

  76. suandana berkata:

    Sama… sekalian atellas. Sepertinya, wajib paleman nih… Dikangeni banyak orang (maklum, orang ngetop πŸ˜€ )

  77. almascatie berkata:

    salam kenal mas
    πŸ™‚

  78. suandana berkata:

    # almas
    salam kenaaal… (resminya ya…) πŸ™‚

  79. nrkhlsmjd berkata:

    vivat juga…!!! *salaman*

  80. suandana berkata:

    # nrkhlsmjd
    *salaman*

  81. Mangaran berkata:

    Situbondo itu dimana ya ? Pasti hebat pak guru sekolah di ITB, muridnya bisa langsung masuk ITB juga donk pak.

  82. suandana berkata:

    # Mangaran
    Situbondo itu ada di ujung timur pulau Jawa, persis sebelum Banyuwangi (kalau lewat jalur Pantura). Di Situbondo juga ada kecamatan yang namanya Mangaran… *pandangan curiga ON* πŸ˜€

    muridnya bisa langsung masuk ITB juga donk pak.

    Yang terpenting, ada keinginan dan kemauan untuk bekerja keras…
    SEMANGAT!!!

  83. benbego berkata:

    Suandana kok mirip ama nama belakangku ya??!
    ini nama siapa sich mas sebenarnya?
    salam http://benbego.wordpress.com

  84. suandana berkata:

    # benbego
    Ooo… namanya adanya suandana toh? Berarti termasuk golongan orang sukses dong… Hidup suandana!!! :mrgreen:

    ini nama siapa sich mas sebenarnya?

    ada deh… πŸ˜‰

  85. qzink666 berkata:

    Guru fisika identik dengan guru killer…
    Semoga pak guru yg ini gak se-killer fisika-nya.. πŸ˜›

  86. suandana berkata:

    # qzink666

    Semoga pak guru yg ini gak se-killer fisika-nya..

    Wohoho… Fakta membuktikan, sampai saat harus berangkat ke Bandung, saya menduduki peringkat kedua sebagai guru ter-favorit di sekolah *bangga*
    Satu peringkat di bawah adik kandung saya sendiri yang mengajar olah raga T_T

  87. eMina berkata:

    numpang mejeng dulu :mrgreen:

    sepam dulu

    eh, kelahiran april 81? 😯

    *ngitung*

    beda 6 bulan ma mina? 😯

  88. suandana berkata:

    # eMina
    emang, belum pernah mejeng di sini ya?

    yah, monggo, disilahkan kalau begitu… saya kan baik hati… πŸ˜€

    beda 6 bulan ma mina? 😯

    lebih tua siapa tuh? :mrgreen:

  89. eMina berkata:

    tentu saja lebih tua anda ! 😈

    saya bulan oktober

    euheuehueh..

  90. suandana berkata:

    # eMina
    tahun berapa tuh? 81 juga kah? ato malah 80? πŸ˜€

  91. eMina berkata:

    wew, kan mina sudah bilang, lebih tua pak suandana !
    Mina jg tahun 81, bulan oktober

    jadinya, tuaan bapak ! 😈

    heuheueheueheueheueheueheh..
    *ketawa enak sekali*

  92. Resi Bismo berkata:

    assalamualaikum,

    seorang syabab seperti kita harus selalu bergerak bagaikan air mengalir dari mata air, jangan berhenti.. tetaplah semangat!!!
    semoga kunjungan ini dapat menyambung silaturahim kita.

    viele Gruesse

  93. suandana berkata:

    # eMina
    Iya… Saya sadar kok, kalau saya itu sudah tua T_T …

    # Resi Bismo
    Waalaikum salam…
    Terima kasih atas nasihatnya… SEMANGAT!!!

  94. eMina berkata:

    –suandana—

    ga ada yang menjudge kita tua selain karena kita merasa tua πŸ˜€
    biarpun usia tua, tapi jiwa tetap pemuda, gitu kata pak calon kades di tanimulya, kab Bandung

  95. suandana berkata:

    # eMina
    Pengennya begitu… Tapi, kadang, saat melihat anak-anak saya yang bercanda dengan temannya memakai bahasa ‘aneh-aneh’, saya jadi sadar… Saya sudah tua… T_T

  96. eMina berkata:

    lha… bagi laki -laki, usia 26 (bapak masih 26 kan?) itu masih muda banget lho.
    40 itu baru matang. gitu kata La Rose

    semangat dong pak. kan bapak yang slalu nyemangatin orang. masa diri sendiri ga semangat? πŸ˜•
    udah, iya iya deh, gak akan saya sebut pelit lagi deh :mrgreen:

    nih, saya kasih es krim biar ga sedih
    *kasih es krim se kotak* :mrgreen:

  97. Sawali Tuhusetya berkata:

    Walah, Pak Aditya seorang guru juga, yak! OK, salam kenal, Pak.

  98. suandana berkata:

    Yess… komen ke-seratus!!! πŸ˜†

    # eMina
    Mana es krimnya? πŸ˜•

    Saya selalu semangat, kok… *harapan, nih…*

    # Pak Sawali
    Iya nih, Pak… Tapi, masih junior… Dan, sepertinya, belum pantes disebut guru sejati 😦

    Tapi, saya akan berusaha!!! SEMANGAT!!! πŸ˜€

  99. raddtuww tebbu berkata:

    wah,, dsini rame sekali,,
    maaf saya terlambat pak guru,, πŸ˜€

    adek saya suka naruto juga loh,, tapi dia laki-laki,, dan masih SD,, πŸ˜€

    salam knal,,,
    *kunjungan balik niy,, trimakasih sudah datang*

    oia,, boleh di link blog nya??

  100. suandana berkata:

    # radtuww tebbu
    Ya, terima kasih atas kunjungan baliknya ini…
    Saling nge-link ya…

  101. irvan132 berkata:

    oh, anak STEI juga.
    hehehe, salam kenal mas. πŸ˜€

    -IT-

  102. suandana berkata:

    # irvan132
    Salam kenaaal… πŸ˜€

  103. Hanster berkata:

    Salam kenaL ya….

    Di lain waktu main ke Blog saya ya…

  104. suandana berkata:

    # Hanster
    Salam kenal jugaa…. πŸ™‚

  105. rebek berkata:

    Salam kenal Mas Guru..
    Sampeyan kok yo lucu to?
    [Aku tadi main-main ke “keinginan di tahun 2008”]
    Sama, sama! Aku juga seneng dorama!
    Naruto- tidak terlalu.. maap.. panjang banget komiknya.. malaz T__T

  106. suandana berkata:

    # rebek
    Salam kenaaal…

    Sampeyan kok yo lucu to?

    @_@ *terharu*
    Baru pertama ini ada yang bilang kalau saya lucu… πŸ˜€

    Sama, sama! Aku juga seneng dorama!

    *toss*
    Tapi, sekarang saya sudah jarang nonton… Di kosan dak ada tipi T_T

  107. Salam Kenal mas……
    Blognya keren….

    http://zulfikars.org

  108. suandana berkata:

    # Zulfikar
    Salam kenaal…
    Terima kasih…
    SEMANGAT!!!

  109. lei berkata:

    halo pak guru yang *katanya* ganteng πŸ˜€ salam kenal! hehehe..

  110. imsuryawan berkata:

    Wuih. Ni blog rame banget ya?!! πŸ™‚ Ikutan ah bilang salam kenal!

  111. suandana berkata:

    # lei
    Salam kenaaal… πŸ˜€
    Tapi… Saya ndak pernah bilang kalau saya ganteng 😦 … Saya itu cakep dan keren :mrgreen:

    # imsuryawan
    Salam kenaaal… πŸ˜€
    Tapi… belum serame tempat menulis para seleb blog Indonesia tuh… Namun saya bahagia kok… πŸ˜€ *apa hubungannya ya?* πŸ™„

  112. rumahkayubekas berkata:

    Mas Darma Aditya Nursalam yg kata sendirinya tampan,
    rumahkayubekas mampir nih malam2 dan tanpa sungkan2,
    Sekedar memberi salam perkenalan,
    Masih di Bandung kan?

    Lho koq masih sendirian?
    Kalo emang ya di Bandung, kemana aja jalan?
    Sampe ngga nemu barang satu aja yang berkenan,
    Boleh ajak2 saya, kali2 perlu bantuan,

    He he , becanda ini mah Mas, tenan,
    Ok deh komennya saya cukupi sekian,
    Ngomong2 dimana malam tahun- baruan?
    Blogger Bandung bikin acara, apa perlu kita sarankan?

  113. suandana berkata:

    # rumahkayubekas
    😯
    Jadi bingung, gimana membalasnya…

    Mas Darma Aditya Nursalam yg kata sendirinya tampan,

    Saya tidak bilang diri ini tampan…
    Tapi, menarik perhatian…

    rumahkayubekas mampir nih malam2 dan tanpa sungkan2,

    Monggo… silahkan… silahkan…

    Sekedar memberi salam perkenalan,
    Masih di Bandung kan?

    Sakam kenal juga saya ucapkan dari Bandung yang penuh harapan… *maksa banget yak…?* :mrgreen:

    Lho koq masih sendirian?

    Yah, yang mengatur semua nasib belum mengijinkan… 😐

    Kalo emang ya di Bandung, kemana aja jalan?
    Sampe ngga nemu barang satu aja yang berkenan,

    Sudah di Bandung sekian bulan, saya belum sempat serius jalan-jalan… T_T

    Boleh ajak2 saya, kali2 perlu bantuan,

    Wah, usulan yang menarik untuk dijalankan…

    He he , becanda ini mah Mas, tenan,
    Ok deh komennya saya cukupi sekian,

    Hehehe… dak pa-pa kok teman…
    Tapi, jangan berhenti melakukan kunjungan… πŸ˜€

    Ngomong2 dimana malam tahun- baruan?

    Mahasiswa seperti saya, kemungkinan besar ya ada di kos-an… T_T

    Blogger Bandung bikin acara, apa perlu kita sarankan?

    Ah iya, itu sudah masuk dalam pertimbangan… :mrgreen:

    *baca ulang*
    Iya… Maksa banget, sayanya… πŸ˜†

  114. t hilyatana berkata:

    Salam kenal Darma Aditya Nursalam, from bandung

    btw, blognya bagus, keep the good work πŸ˜‰

  115. suandana berkata:

    # t hilyatana
    salam kenaaal… terima kasih atas pujiannya… *nyoba masang topi, jadi dak muat!* :mrgreen:
    SEMANGAT!!!

  116. Resi Bismo berkata:

    tahun baru, semoga menjadi tahun yang terbaik buat kita, dengan semangat baru, ide2 baru.

    selamat berkarya kollega!

  117. suandana berkata:

    # Resi Bismo

    tahun baru, semoga menjadi tahun yang terbaik buat kita, dengan semangat baru, ide2 baru.

    Amin. SEMANGAT!!!

    selamat berkarya kollega!

    Idem, Mas… SEMANGAT (lagi)!!! πŸ˜€

  118. dreesyach berkata:

    dit, awas ada ‘AR’!!!!!!!!!!!!!

    tuh dikerjar ‘AR’
    tuh ditanyain ‘AR’
    tuh ditungguin ‘AR’

    πŸ˜€

    hehe.. tanyakan AR kenapa?
    cayooo.. cpt LULUS!!

  119. suandana berkata:

    # Andree
    *pasang tameng anti-AR*
    Halah, Ndree, AR-nya juga ngejar kamu tuh…!!! πŸ˜†

  120. atmo4th berkata:

    salam kenal, mas!

  121. suandana berkata:

    # atmo4th
    salam kenaaal… πŸ˜€

  122. indra1082 berkata:

    Wah ada Pak Guru…
    salam kenal bro….
    Semoga cepet2 dapet jodoh hehehehe

  123. suandana berkata:

    # indra 1082
    amiiiin *doa yang baik, wajib diamini*
    πŸ˜†

  124. ranywaisya berkata:

    Pak guru, salam kenal ya…

  125. ann!sha berkata:

    satu almamater πŸ˜€ tapi saya blom lulus lulus nih ….
    gi nyari jodoh ya? kok sama lagi sih πŸ˜‰

    salam kenal!

  126. suandana berkata:

    # ranywaisya
    Salam kenal… Terima kasih sudah berkunjung… πŸ™‚

    # ann!sha
    Nyari jodoh itu adalah sesuatu yang universal, makanya dalam petualangan tersebut kita akan bertemu dengan banyak rekan yang juga menjalaninya… πŸ˜€

    Salam kenal juga… πŸ˜€

  127. Spitodsaurus Rex berkata:

    Salam kenal di blog, mas..
    Terima kasih banyak lho, mas tadi udah sabar menjawab pertanyaan2 saya di oh itb.. πŸ˜€

  128. suandana berkata:

    # Spitodsaurus Rex
    Salam kenal di blog juga… πŸ˜€
    Soal yang di OH itu mah, memang tugas saya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung. Lagipula, saya senang kok, dapat membantu… Hitung-hitung amal… πŸ˜€

  129. Agus Sanjaya berkata:

    halo…. salam kenal yah… ternyata almamater kita sama. aku angkatan 96 teknik informatika. karena almamater sama, boleh tidak kita tukeran link? linknya sudah kupasang di sini. thanks.

  130. beruangputih berkata:

    halo….mas, salam kenal yah..boleh ga aq jadi temen d blog km…?

  131. suandana berkata:

    # Agus Sanjaya
    salam kenal, Mas…

    # beruangputih
    salam kenal juga…

    boleh ga aq jadi temen d blog km…?

    Oo… boleh kok… justru senang sekali kalau tambah banyak teman. Tapi, link ke blog-nya mana nih? πŸ™‚

  132. Anna berkata:

    Salam kenal πŸ™‚

  133. Rivai berkata:

    Salam kenal :d

  134. lindawatirahaju berkata:

    salam kenal, tertarik baca slogan ini…
    ‘Never give up on the dreams of your heart’
    halo sodara seperjuangan!
    never agree to surrender your dreams!

  135. suandana berkata:

    # Anna
    Salam kenal juga… πŸ˜€

    # Rivai
    Salam kenal juga… πŸ˜€

    # lindawatirahaju
    Salam kenal n SEMANGAAATTT!!! πŸ˜€

  136. lindawatirahaju berkata:

    eh di link boleh gak…?

  137. suandana berkata:

    # linda
    tentu saja boleh… πŸ™‚

  138. Ahmad berkata:

    Salam kenal mas terus berkarya πŸ™‚

  139. emfajar berkata:

    salam kenal mas,, numpang baca2 dulu πŸ˜€

  140. suandana berkata:

    # Ahmad
    Salam kenaaal… πŸ˜€

    # emfajar
    Silahkan… πŸ˜€

  141. Habib berkata:

    Salam kenal Mas, sukses buat kuliahnya πŸ™‚

  142. taufikurahman berkata:

    assalamualaikum,,

    salam kenal kang Dana

    kunjungi blog saya ya!
    minta masukan & doanya nih bwt pilwalkot 10 Agustus nanti

  143. harakatuna berkata:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Kang Dana, saya punya blog baru berisi tulisan/artikel keislaman. Kalau ada waktu, jangan ragu-ragu kunjungi saja blog saya: http://www.harakatuna.wordpress.com , disini kita bisa berdiskusi dan berbagi pengetahuan. Terima kasih atas perhatiannya, saya tunggu kunjungan Anda!
    (Harakatuna-Bandung)

  144. jelita alamanda berkata:

    mampiiiir!
    salam hangat (apa dingin ya) dari negaranya multatuli! πŸ˜€

  145. sososibuk berkata:

    tok tok tok…

    yang punya lagi keluar ya…

    ah ya sudah, salam buat yang jauh disana…

    SMANGAT!!!

    nice to know u. πŸ™‚

  146. Quchie berkata:

    wah.. jalan2 ke batagor.net..
    eehh.. nemu ini blog.. trus ngeliat ada yg berbau2 jermannya..
    lagi di jerman ya mas?? di kota mana??
    lam kenal.. saya juga di jerman.. tepatnya di hamburg.. πŸ˜€

  147. ikrarestart berkata:

    wow hebat sekali mas perjalannannya bisa dapat beasiswa gitu…!!! sallutt

  148. Resi Bismo berkata:

    herzliche Wilkommen in Deutschland

  149. NANDO berkata:

    salam kenal ya. gini mas aku mo minta cara membuat naskah film. kalo bisa dengan contohnya sedikit,. met taon baru ya moga aja tambah sukses,,,,,,,,,

  150. elindasari berkata:

    Salam kenal Mas Darma πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

    Wah selamat mengejar cita-cita dan impiannya yach πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
    Tetap semangat πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

    Best regard,
    Bintang
    http://elindasari.wordpress.com

  151. rof berkata:

    bos Guru di jerman bisa masak nggak ?
    saya sudah daftar dan tes belum dipanggil tuh !

  152. mustafa berkata:

    Guten Nacht,

    Mas salam kenal, nama Saya Mustafa dari SMK 4 Makassar. saya kandidat peserta ILT 2009.

    Kami akan mengikuti GErman Language Course di FIB-UI Depok terhitung 5 April sd 15 Mei 2009 ini.

    Saya ingin mendapatkan info lebih rinci mengenai program ini mulai dari penyelesaian pelatihan bahasa. Pemeriksaan kesehatan, persiapan menuju Jerman, keadaan selama disana (dalam segala hal yang berkaitan dengan program ini).

    Kalau tidak berkeberatan mohon informasinya dikirim ke email saya saja langsung di topemakassar@yahoo.com

    sebelumnya saya ucapkan vielen dank

    Mustafa

  153. Rivanlee berkata:

    permisi , numpang absen

  154. iyah berkata:

    asssalamuΓ‘laikum

    ada di jerman ya?
    di kota mana?

  155. oalah.. wong jowo toh asline mas…
    sukses buat ekspedisinya…
    saya juga sedang di JERMAN (JEjere MANukan sby)
    hehehehe…

  156. ulfa berkata:

    Salam kenal dari saya mas..
    Sama2 anak ITS-nya ternyata..
    Bedanya saya Fisika 2002, anda Tekfisnya…hee

  157. ulfa berkata:

    salam kenal dari saya mas..
    Numpang baca2 ya,,,hee, makasih

  158. suandana berkata:

    # all
    Salam kenal, semuanya… mohon maaf baru dapat merespon sekarang m(_ _)m

  159. WAH AKIRNYA NEMU JG SAHABAT ITS…
    v.i.v.a.t.t.

  160. Rita Hartati berkata:

    selamat atas pernikahanya,walaupun terlambat,btw gimana kabar itb nya, ijasah dapat kan

  161. suandana berkata:

    # teh Rita
    terima kasih, Teh… alhamdulillah semuanya baik πŸ˜€

  162. lutfi berkata:

    wah seru ni, ada cara bikin film jg……, ; )

    dari dulu, cita2 saya menjadi sutradara, tp blm kesampaian, ya maklum,

    1. masalah dana
    2. fasilitas
    3. talent yang mau sama2 berjuang di bidang perfilman (ga minta y macam2 buat fee nya………… hehehehe).

    tp harus tetap semangat…………….., SEMANGAT GAN !!!!!!!

  163. riko berkata:

    klo da job dtemptmu yg teteap sya mau y….telp sya02197833112.mksh buat hidup sya…….mksh sblmnya

  164. ngahnganehh berkata:

    Wah pak, tema blog kita sama ya,hehe.. Pas brows lirik “melodies of life” taunya muncul bolg ini.

  165. Jhony doank berkata:

    Kyak kisah nya pak rika

  166. Jhonny doank berkata:

    Kyak kisah nya pak rika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s