InWEnt (1)

Posted: 11 Desember 2008 in cerita, jerman, pendidikan, serius

InWEnt — Internationale Weiterbildung und Entwicklung gGmbH — adalah nama organisasi yang menyelenggarakan dan mendanai pelatihan yang saya ikuti saat ini. Sesuai dengan namanya, InWEnt adalah sebuah organisasi non-profit Internasional yang bergerak dalam bidang pengembangan SDM, training tingkat lanjut, dan dialog. Organisasi ini disponsori oleh Pemerintah Federal Jerman, Sektor Bisnis Jerman, dan Pemerintah Negara Bagian (Länder) Jerman.

Situs resmi InWEnt menjelaskan banyak hal tentang organisasi itu sendiri. Ada versi Bahasa Inggrisnya kok… Dan, saya rasa, sudah cukup lengkap. Nanti saja, kalau ada program baru dari InWEnt, saya tuliskan di sini. Sekarang, saya tak cerita tentang pengalaman saya bersama InWEnt…

Program yang saya ikuti adalah ILT 2008, dimana ILT adalah kependekan dari International Leadership Training. Program ini dijalankan total selama 2 tahun.

Enam bulan pertama dijalani di Indonesia, untuk proses rekruitmen dan pembekalan Bahasa Jerman. Saya dulu menjalani pelatihan bahasa di Goethe-Institut Jakarta, sekalian dengan proses seleksi. Jadi, di angkatan saya, seleksinya adalah berdasarkan kemampuan bahasa. Namun saya belum mendapatkan informasi tentang rekrutmen angkatan berikutnya; berdasarkan apa, dan bagaimana proses pelatihan bahasanya.

Dari 30-an peserta Pelatihan Bahasa Jerman di Goethe Institut, dipilih 21 orang (namun yang berangkat akhirnya hanya 20 orang, karena teman kami dari Aceh tidak jadi berangkat).

Pelatihan GC 21 di Kantor Depdiknas Jakarta

Pelatihan GC 21 di Kantor Depdiknas Jakarta

Foto di atas ini adalah foto saat kami mengikuti Pelatihan Global Campus 21, yang merupakan salah satu komponen dari InWEnt. Namun tidak semua peserta Pelatihan Bahasa Jerman tampil di foto itu, karena terbatasnya tempat…

Setelah lulus seleksi, datanglah tahap ‘seleksi alam’ yang lebih berat. Persyaratan dari InWEnt adalah; instansi/organisasi tempat calon peserta bekerja WAJIB membayar biaya tiket ke Jerman pp. Sebagian besar teman-teman saya batal berangkat karena instansi/organisasi tempat mereka bekerja tidak bersedia membayarkan tiket ini. Sekolah saya bersedia mendanai tiket saya, sehingga saya dapat berangkat. Alhamdulillah…

Sesampai di Jerman, semua peserta pelatihan jangka panjang (1 tahun) yang diselenggarakan InWEnt harus menjalani masa orientasi terlebih dahulu di Saarbrücken. Lamanya, bervariasi. Ada yang 2 bulan, dan ada yang 1 bulan seperti rombongan saya. Masa orientasi ini digunakan juga untuk melakukan ‘penyegaran’ kemampuan Bahasa Jerman, selain untuk mengenalkan peserta pada kultur dan norma yang berlaku di Jerman, serta untuk mengurus semua kelengkapan dokumen (visa, salah satunya).

Kelas Bahasa Jerman di Saarbrücken

Kelas Bahasa Jerman di Saarbrücken

Waktu saya dan teman-teman dari Indonesia ada di Saarbrücken, kebetulan ada rombongan dari Afrika, Arab, dan Cina. Karena itu, kelas bahasa kami merupakan kelas multinasional. Tapi, gurunya dari Indonesia lho… (tuh, cewek yang jongkok di depan, pakai mantel abu-abu)😀

Dari Saarbrücken, kami dipisah. Rombongan Afrika dan Cina ke Feldafing di Jerman bagian selatan, sementara rombongan Indonesia dan Arab menjalani pelatihan bahasa lanjut di Mannheim (tempat saya sekarang).

Pelatihan bahasa lanjut ini berlangsung selama 3 bulan. Tanggal 30 dan 31 Desember besok, akan diselenggarakan ujian bahasa untuk mengetahui tingkat penguasaan bahasa peserta ILT. Dan, setelah itu, kami akan menjalani Praktikum (Kerja Praktek) di perusahaan/instansi/organisasi yang tepat sesuai dengan minat dan kualifikasi yang dimiliki.

Tapi, selama 3 bulan di sini, kami tidak hanya menjalani kursus bahasa saja. Ada banyak acara yang diselenggarakan oleh InWEnt. Setiap bulan, selalu ada minimal satu kali ekskursi (yang ceritanya sudah sering saya tulis itu) dan satu kali Workshop. Selain itu, juga ada acara-acara lain yang dapat mempercepat proses pengenalan kami akan budaya Jerman.

Pelepasan Balon pada Hari Solidaritas untuk Kaum Miskin Sedunia

Pelepasan Balon pada Hari Solidaritas untuk Kaum Miskin Sedunia

Sampai saat ini, sudah dua Workshop obligatory yang kami ikuti. Yang pertama adalah Workshop tentang Gender, dan yang kedua adalah Workshop tentang HIV/AIDS.

Workshop HIV/AIDS

Workshop HIV/AIDS

Ada juga acara-acara pesta. Waktu di Saarbrücken dulu, ada acara International Night, yang rame banget. Di Mannheim, pernah juga diselenggarakan acara Herbsfest (Festival Musim Gugur).

International Night di Saarbrücken

International Night di Saarbrücken

Jadi, bagaimana? Ada yang berminat untuk ikut ILT berikutnya?😀

Sering-sering saja mengakses situs resmi InWEnt… SEMANGAT!!!

Komentar
  1. suandana mengatakan:

    NEVER say ‘Never’…

    SEMANGAAAATTT!!!

  2. phiy mengatakan:

    Harus bisa berbasa Jerman dulu yak..
    Padahal slama ini aku cuma bermodal gugel trenslet..

    *tertunduk mengheningkan cipta*

  3. ninoy mengatakan:

    tunggu aku di pojokan kota jerman mas!!! *antusias+bengong*

  4. suandana mengatakan:

    # afiy
    Nggak harus bisa berbahasa Jerman dulu kok… Nanti kan, ada proses pelatihan bahasa selama 6 minggu di Indonesia. Saya dulu waktu daftar cuma bisa ngomong “ich liebe dich” aja kok…😀

    SEMANGAT!!!

    # ninoy
    Oke… Tak tunggu. Di pojokan kota yang mana? München? Berlin? Hamburg? Frankfurt? Atau… ?
    Kata orang, kalau bulan madu tuh, asiknya ke Schwarzwald lho… Soalnya di sana dingin…😛

  5. eMina mengatakan:

    ahem~ ini to? ta’ save dulu deh

  6. myfuah mengatakan:

    klo ada info selanjutnya kabari ya… trims

  7. afiemaniez mengatakan:

    waaaaaaaaaaa ke jerman……………….. mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu😀

  8. suandana mengatakan:

    # eMina
    Info berikutnya menyusul… m(_ _)m

    # Ipunk
    Insya Allah…🙂

    # afiemaniez
    Ya udah, ke sini dong…😀

  9. Tobok Simatupang mengatakan:

    Saya sudah pernah kok ke Jerman., pokoknya puas dehhh

  10. emhayusa mengatakan:

    Pendaftarannya gmn ya? Makasih..

  11. fiq mengatakan:

    Bos gimana kursus bahasa jerman yang dijakarta apakah sangat berpengaruh terhadap keberangkatan ke jerman ?
    apa triknya bisa lolos kursus bahasa jerman,

    danke

  12. HHRMA mengatakan:

    Program bagus, ayo kita manfaat-in…

    Salam,

  13. Indo Hotelier mengatakan:

    Jerman salah satu tempat yg bagus untuk pendidikan IT.

    Teman2 saya banyak lulusan Jerman, Skill & Knowledge IT nya ok banget.

  14. Hospitality Career mengatakan:

    Kursus bahasa Jerman dulu ah, pengen banget nih kuliah di Jerman

  15. nie mengatakan:

    mau nanya, kalau usianya diats 35 masih boleh ikut gak ya?

  16. arjip mengatakan:

    buat rekan semua, silakan singgah dulu ke blog saya di
    http://arjip.wordpress.com
    thanks

  17. seta mengatakan:

    kapan ke saarbrücken lagi??

Tinggalkan Balasan

