curhat… T__T

Posted: 19 November 2008 in cerita, curhat, jerman, sedih

Hidup sebagai mahluk sosial itu… tidak mudah. Adaaa saja, hal-hal yang membuat hubungan antar-individu dalam masyarakat itu jadi kacau.

Le, kamu harus bisa membawa diri dalam bergaul dengan orang lain… Sebelum melakukan sesuatu, pikirkan dulu bener-bener… Apakah itu akan menyinggung perasaan orang lain atau tidak…

Begitu pesan dari orang tua saya dulu. Dan, saya selalu berusaha menjalankannya. Kapanpun dan dimanapun saya berada. Dan, alhamdulillah, selama ini saya selalu bertemu dengan orang-orang yang juga menjalankan pesan yang sama dari orang tua mereka. Sehingga akhirnya saya beranggapan bahwa prinsip itu adalah hal yang berlaku umum di setiap bangsa, setiap negara…

Karena itu, saya jadi terkaget-kaget saat bertemu dengan orang-orang yang tidak menerapkan prinsip itu. Yang selalu menuntut agar haknya dipenuhi, tanpa peduli dengan kebutuhan, perasaan, dan bahkan hak orang lain. Saya mengalami Culture Shock…😯

Sebenarnya, sebelum berangkat, saya sudah mempersiapkan diri untuk bertemu dengan orang-orang yang seperti itu (setelah mendapatkan cerita dari teman-teman yang sudah pernah ke LN sebelumnya). Namun, yang membuat saya terkaget-kaget, saya tidak menemukan sifat yang seperti itu dari orang Jerman!😯

Setiap orang Jerman yang saya temui sampai saat ini selalu ramah dan baik hati. Alhamdulillah…

Saya menemukan orang-orang yang memiliki sifat ingin menang sendiri dan kekanakan itu justru dari sesama orang Asia!!! Asianya sudah di barat sih, yang banyak padang pasirnya, dan tempat turunnya banyak nabi itu…😦

Jadi tidak habis pikir saya… Kok bisa lho, mereka itu menyerobot antrian untuk mengambil makan (kami semua makan di kantin, dijatah, seperti di penjara gitu :roll: ) … Ngobrol keras-keras di kelas dalam bahasanya sendiri, padahal sedang waktunya pelajaran Bahasa Jerman… Dan, menanyakan setiap kata yang diucapkan oleh guru, padahal kata yang sama baruuuuuuuuu saja ditanyakan artinya oleh teman sekelas yang lain…

Dan, yang paling membuat terkejut, adalah saat saya minta untuk menunggu giliran… Lha wong sang guru sedang menjelaskan tentang satu topik, eh, kok ya bertanya tentang hal lain yang sama sekali berbeda… Dan, waktu diminta untuk menunggu giliran… dia itu kok ya ‘meledak’… Langsung membanting buku dan alat tulisnya, kemudian teriak-teriak… I have a right to ask a question!! I don’t care with the others!!! I want my right!!!!😯

Bisa membayangkan???

Kok sampai segitunya ya? Kayak anak kecil banget, kan?😐

…..

…..

Yah, sudahlah… Lumayan, ada tambahan ilmu… Ilmu hidup bersama anak-anak yang bukan anak-anak…🙂

SEMANGAT!!!

Komentar
  1. suandana mengatakan:

    @__@

    susah euy…

  2. itikkecil mengatakan:

    enaknya kalau punya temen sekelas kayak gitu digampar aja…
    tapi, kalau begitu apa bedanya kita dengan mereka….
    yang sabar ya Dit…

  3. phiy mengatakan:

    Mreka tu bukan orang Jawa, mreka Jerman, dengan prinsip:

    “Hidup ini keras bung!!”

    gyahaha xD

  4. Secret Admirer mengatakan:

    Herzlichen Gluckwunsch zu deiner Verlobung.

  5. nurma mengatakan:

    itulah resikonya jalan2 belajar ke luar negeri dak ngajak2 saya *puas membalas dendam*

  6. fajar mengatakan:

    Yuk ikutan Lomba Blog, Hadiah total 10jt + handphone+ internet speedy. lihat info di http://www.audiochute.com

  7. Bang Aswi mengatakan:

    Pesan ibu sampeyan itu sangat bijaksana. Pegang prinsip itu mantap2. Soal dengan orang lain biarkan saja, ya tho! ^_^ Lebih baik kita yang memulai karena sulit menunggu orang lain yang memulai….

  8. Takodok! mengatakan:

    nah, orang padang pasir itu kan emang keras dan mudah tersinggung..
    saatnya petuah ibunya diuji bukan?😉

  9. eMina mengatakan:

    senangnya, bisa banyak pengalaman.
    namanya juga masa adaptasi, lama -lama akan ketemu juga jalannya untuk mengatasi semua masalah itu, asal jangan berpikir pendek aja, dan jangan mudah putus asa.

  10. retno bintari mengatakan:

    Hi dik adit ….. apa kabar? Ini aku…bu retno smkn 1 Panji…ingat khan???? Itu lho yg ngajar bhs inggris …!! Kebetulan aku lagi di perpus dgn pak shandy. Pak shandy ngasih tau website dik adit..jadinya aku coba2 untk kirim email ini ke dik adit. Enak disana dik? Aku sbtlnya jg pengen banget belajar ke LN tapi kok kayaknya nggak mungkin yaaa….?????

  11. Hendri_tea mengatakan:

    Ass.wr wb

    Dit, maaf baru bisa berkomunikasi lg…. ternyata amanat untuk melngkpi data wisudawan punya mu belum bisa terbentur aturan yg ga bs sy siasati. terima kasih atas motivasinya…saya sudah nikh(baca undagannya di milis kan ?) sibuk bgt…!karna kita mprjuangkanya berdua…tapi dengan sprti itu lbih trasa nikmat ko dit…! semga stlah dari Jerman adit bisa nysul….aminn.

    wass

  12. galz mengatakan:

    wah sabar aja ya mas..
    yg penting kitanya ga ikut2an kaya gitu, emang tiyap orang tu punya karakterny masing2 kok..
    kl ga sreg ama yg itu, caree lagi temen yg laen.. hehe

    smangat yah!! *opo boso jermannya?*

  13. suandana mengatakan:

    # Mbak Ira
    Makasih, Mbak… Insya Allah bisa… Walaupun tadi pagi sempat diajak ‘keluar kelas’ sama salah satu dari orang-orang Arab itu

    # Afiy
    Tapi, orang Jerman-nya sendiri dak ada masalah lho…😦

    # Secret Admirer
    Vielen Dank für Ihre Wünsche… Ich freue mich🙂

    # nurma😆
    Balas dendam itu tidak baik untuk kesehatan lho…😆

    # fajar🙂

    # Bang Aswi
    Yup… Sekarang saya anggap mereka itu seperti angin saja…😀

    # Takodok!
    Iyah…😀

    # eMina
    Iya teh… Makasih…😀 . Btw, maaf, saya belum bisa memenuhi janji untuk memberikan informasi nih… m(_ _)m

    # Bu Retno
    Halo Ibu… Tentu saja masih ingat… Baru juga 3 bulan saya pergi dari Indonesia😀
    Di sini ya harus di-enak-kan… Biar sip…😀
    Soal keinginan itu, kan… where’s the will there’s the way ? SEMANGAT, BU…😀

    # Hendri
    Waalaikumsalam…
    Wah, pengantin baru euy… Barakallahu ya… Maaf, dak dapat ngucapin selamat secara langsung… Kumaha rasanya? Sip?😀

    semga stlah dari Jerman adit bisa nysul….aminn.

    Amiiiiinn… (penuh semangat)😀 . Makasih doanya ya…

    # Lies
    Gimana? Kapan? Dah banyak yang menanyakan dan mendoakan nih…😳:mrgreen:

    # galz
    Iya sih… Toh, daun kelor tidak selebar dunia… Iya, kan?😀
    Makasih… SEMANGAAAT!!! (bahasa Jermannya ini masih belum tahu…😳 )

  14. ninoy mengatakan:

    ihihihi telat nih baru berkunjung… yaaa pokonya mah yang sabar aja ya mas adit… lha wong jalan2nya jg enak kok😆 tapiiii menurut kakak saya yg 13 tahun di egypt beliau bilang emang tabiat org sana ya itu keras2 seperti itu, makanya itu kenapa dulu para nabi di turunkan disana, karena keadaan warganya yg jahiliyah🙂

  15. suandana mengatakan:

    # ninoy
    Iya juga sih… Masuk logika juga🙂

Tinggalkan Balasan

