Trier…

Posted: 26 September 2008 in Uncategorized

Ternyata, di Jerman sini, dak bisa nyantai-nyantai. Akibatnya, jadi jarang nulis (blog dan e-mail). Yah, maklum lah. La wong di sini kan, saya dihitung kerja (tetep dibayar:mrgreen: ). Yah, sabar aja deh…

Walau begitu, tetep aja bisa nyari jeda untuk jalan-jalan (keahliannya orang Indonesia nih, meluangkan waktu😆 ). Buktinya, kemarin bisa jalan-jalan ke Trier, kota tertua di Jerman. Sebenarnya, itu adalah paket ekskursi yang ditawarkan oleh pihak penyelenggara di sini. Dengan membayar 8 euro, bisa pergi ke Trier, Remich (Luxemburg) dan Schengen. Kan lumayan tuh.

Oke. Sekarang, ceritanya tentang Trier saja.

Trier adalah kota tertua di Jerman, yang dibangun oleh orang-orang Roma, dan pernah menjadi salah satu dari 4 kota utama Kekaisaran Romawi bersama dengan kota Roma sendiri, Konstantinopel, dan Alexandria. Kalau musim panas, kaisar Roma sering banget menghabiskan waktunya di Trier. Pilihan dijatuhkan karena lokasinya yang strategis (Trier terletak di lembah sungai Mosell yang terhubung langsung ke Laut Utara).

Sebagai salah satu kota penting Kekaisaran Romawi, Trier memiliki beberapa obyek peninggalan Roma. Dan, yang paling terkenal adalah Porta Nigra, salah satu gerbang kota Trier, dan menjadi icon dari kota ini.

Porta Nigra

Porta Nigra

Nah, tuh gambarnya. Disebut Porta Nigra, karena warnanya yang item. Aslinya, dak item. Tapi, jaman dahulu kala, orang-orang Trier menggunakan coal untuk menghangatkan rumahnya. Nah, asap dari perapian mereka menempel di dinding batu itu… Akibatnya, jadi item deh😀

Obyek lain di kota Trier yang tidak kalah menariknya adalah Katedral (lupa namanya:mrgreen: ). Di Katedral itu, ada Pakaian yang dikenakan oleh Yesus saat disalib. Relic ini, sesekali dikeluarkan untuk diperlihatkan pada umum. Nah, pada saat itu, Trier akan dipenuhi oleh jutaan Pilgrim dari berbagai penjuru dunia (gitu kata guide yang mengantar kami).

Interior Katedral

Interior Katedral

Nah, di kejauhan sana itu… adalah orang-orang yang berkerumun pengen ngelihat kotak penyimpanan Pakaian itu. Tapi, yah, jelas dak kelihatan lah…

taman di dalam katedral

taman di dalam katedral

Ah ya. Sebenarnya, gambar di atas ini🙄 bukan gambar taman. Tapi, makam para Uskup yang pernah memimpin Katedral Trier ini. Tapi, kok, kesan menakutkan itu gak ada ya??? Beda dengan makam di Indonesia, yang identik dengan hantu-hantu menyeramkan :?

Lokasi terakhir yang dikunjungi adalah Karl Marx Haus, rumah tempat Karl Marx dilahirkan. Tempat itu sekarang dijadikan sebagai museum, dan menjadi jujugan orang-orang Cina. Sampai jadi semacam tempat suci gitu…

Karl Marx Haus

Karl Marx Haus

Nah, seperti itu tuh, rumahnya… Mirip rumahnya orang Jerman ya?:mrgreen:

Ah iya. Di lantai atas (lt.3), ada potongannya Tembok Berlin! Entah kenapa kok dipajang di situ…❓

Gitu aja ceritanya. Kan hanya tentang Trier…😀

Ah iya, di Trier itu, pertama kali ketemu dengan orang-orang Neo-Nazi juga. Syereeem…

ps:

Trier adalah kota yang indah dan romantis. Apalagi pada saat spaet Sommer seperti saat ini. Bunga-bunga bertebaran beraneka warna, sementara hawanya tidak terlalu panas walaupun Matahari bersinar tanpa penghalang (asli, dingiiiin banget😳 ). Karena itu, cocok banget untuk menjadi tempat berlibur berdua dengan orang terdekat di hati. Tidak seperti saya, yang terpaksa menyusuri jalanan kota tua itu sendirian (misah dari rombongan). Meine Liebling, wish you were there…🙄

Komentar
  1. suandana mengatakan:

    SEMANGAAATTTT….!!!

  2. amien mengatakan:

    Ihre Freundin kann spater nach Deutschland fliegen ? Leih Baling-baling Bambu von Doraemon ! Hehe

  3. phiy mengatakan:

    sugoi..
    bangunan2 eropa mirip2 yak..
    phiy malah kek liat bangunan di paris xP

    mo lebaran niy..
    [di jerman kapan lebaran?:mrgreen: ]
    skalian muun maaf ya, kalo ada salah2..
    *sungkem*

    m(_ _)m

  4. suandana mengatakan:

    # afiy
    Tenang aja… Semua kesalahan sudah tak maafkan kok…

    di jerman kapan lebaran?:mrgreen:

    Hari ini, tanggal 30 September 2008, jam 09.15 WJS (Waktu Jerman Saarbruecken:mrgreen: ), dilangsungkan sholat Ied di Islamic Center Saarbruecken. Jadi, sekarang… sudah boleh makan-makan di siang hari😆 sudah lebaran ^_^

    Taqabalallahu minna wa minkum, minal aidin wal faidzin, mohon dimaafkan kalau ada salah (niru.com:mrgreen: )

    m(_ _)m

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s