hasil jalan-jalan bagian 2…

Posted: 17 Mei 2008 in cerita, mimpi, pendidikan, serius

   

Hanya foto-foto ini dah cukup kan???😀

Foto pertama itu adalah pemandangan dari Gambir waktu menunggu kereta berangkat, sekitar jam 5-an. Sementara, foto kedua sampai terakhir adalah foto-foto An-Nahl, playgroup yang ditempatkan di rumah keluarga besar.

Sebenarnya, foto yang pertama (yang di Monas) itu tidak diambil pas waktu saya berangkat pulang ke Situbondo, namun beberapa hari setelahnya, waktu saya menunggu kereta untuk balik ke Bandung, tapi kondisinya mirip. Makanya tak masukkan. Dak pa-pa, kan???😎

Oke. Tak cerita sedikit tentang An-Nahl.

Dia itu adalah sebuah Tempat Bermain dan Taman Bacaan Masyarakat (TB & TBM). Sebuah impian yang sudah lama terpendam, dan baru dapat diwujudkan sekarang. Ijin sudah keluar, dan sudah ada 23 anak yang rutin datang setiap hari Senin sampai Jumat. Gurunya ada 3 orang, dan fasilitas yang tersedia itu sementara ini baru perpustakaan (isinya buku-buku dari jaman saya kecil dulu :D plus beberapa buku anak baru) dan tempat bermain. Tentu saja tersedia juga ruang untuk belajar (sementara masih menyatu di perpus, namun beda area). Yah, semuanya masih ada dalam tahap perkembangan. Pelan-pelan, karena pakai dana pribadi…

Anak-anak itu ditarik dana 3000 rupiah/bulan. Sebenarnya, saya ingin gratis sepenuhnya, tapi kata Bunda kalau digratiskan total, mereka tidak akan menganggap serius kegiatan di An-Nahl. Pengelolaan dana tersebut diserahkan sepenuhnya kepada Mbak Iin dan Mbak Wati untuk honor mereka sendiri. Untuk Mbak Suci, pengurusan honor-nya dibedakan.

Pemilihan nama An-Nahl itu juga setelah melewati diskusi dan perenungan yang panjang. Ada beberapa alasan. Yang pertama, karena nama Kakek Buyut saya, yang pertama kali mendiami rumah tersebut (yang membabat alas daerah tempat tinggal saya itu), bernama Nahla. Jadi, diharapkan agar TB & TBM tersebut dapat diterima dan memperoleh dukungan seluruh anggota keluarga besar. Sekalian menjadi memento Kakek Buyut saya itu🙂

Yang kedua, mengambil dari Al Qur’an Surat An-Nahl, yang berarti lebah. Dengan menyandang nama An-Nahl, diharapkan bahwa anak-anak yang aktif di situ akan menjadi lebah-lebah yang gemar bekerja keras dan memberikan madu yang manis kepada masyarakat. Amin. Itu doa yang diucapkan waktu syukuran awal…

Seperti yang disampaikan di bagian 1 kemarin… An-Nahl ini adalah bagian dari salah satu impian besar saya, Raudah. Mohon doanya agar semua berjalan lancar… m(_ _)m

Nah, itu saja. Foto lainnya, saya masih bingung harus ditaruh di mana. Kalau ditempatkan di blog ini, nanti orang yang mau buka blog-nya kelimpungan… Di friendster, terbatas… Di Panoramio, loading-nya lama… Enaknya di mana ya? Ada yang bisa bantu?🙂

ps:

Kalau ada yang mau nyumbang buku anak, dengan senang hati dan penuh rasa terima kasih, kami akan menerimanya…:mrgreen:

Komentar
  1. suandana mengatakan:

    Maaf, kalau fotonya kurang bagus. Soalnya, saya memotret menggunakan kamera HP sih. Jadinya ya seperti itu…🙄

  2. itikkecil mengatakan:

    saya suka foto nomor satu😀

  3. suandana mengatakan:

    # Mbak Ira
    Saya juga…:mrgreen:

  4. afiemaniez mengatakan:

    btw..saya juga lagi kepinginan bingin sanggar belajar buat anak2 di depan rumah. kepinginanya sudah sebulan yang lalu, tapi saya gak tau harus ngapain dulu. apa langsung ngumpulin anak2 gitu bisa gak??

    bisa minta penjelasan prosesnya seperti apa?? haruskah ada ijin dari dinas?

    need your answer…pliss…

    tengkyu….:D

  5. suandana mengatakan:

    # afiemaniez
    Kalau pengalaman di saya itu seperti ini:

    Sosialisasi ke target (anak-anak itu), diajak baca-baca, orang tuanya ditanyai, dsb…

    Ijin ke kepala daerah setempat (di tempat saya, kades… katanya bisa juga ketua RW, tapi gak tahu). Bukan ijin resmi, hanya sekedar pemberitahuan saja kok…

    Setelah itu, ya langsung aja jalan, selagi mengurus ijin dari Diknas (tempat saya sudah keluar, hanya sekitar 2 bulan).

    Seperti itu…
    Tapi, kondisinya bisa berbeda untuk setiap daerah lho. Biar lebih jelas, tanya ke Dinas aja…

    SEMANGAT!!!😀

Tinggalkan Balasan

