efek komunikasi…

Posted: 16 Februari 2008 in iseng, renungan

Pernah nggak, Anda menyadari… Betapa menakjubkannya efek dari komunikasi? Sebuah SMS pendek berisi sapaan dan sebuah pertanyaan iseng dapat menghadirkan senyuman di wajah yang sudah hampir lupa bagaimana caranya tersenyum. Senyuman di wajah itu akan memancing senyuman di hati, yang pada gilirannya akan membuat indera manusia jadi begitu sensitif sehingga mampu mendengarkan musik yang mengalun di semesta, membuat jiwa jadi tenang dan hati jadi tenteram serta K2 di Himalaya pun terlihat seperti gundukan pasir di halaman depan rumah (oke, ini terlalu hiperbolistis… tapi, gak pa-pa lah, sesekali:mrgreen: ).

Apalagi jika pertukaran kabar lewat SMS itu diikuti dengan panggilan telepon. Wuaah… rasanya… undefinable (bener gak, bahasa inggrisnya?πŸ˜€ ). Tidak peduli walaupun panggilan telepon itu dibuka dengan makian dan gerutu, tetap saja senyum yang membayang di wajah itu akan ber-evolusi menjadi sebuah tawa, seolah baru saja meminum ramuan Elixir to Induce Euphoria [1] yang dibuat sesuai petunjuk dari Half-Blood Prince [2] dan dicampur dengan Felix Felicis [3] (kira-kira, kalau dicampur seperti itu, efeknya akan tetap sama atau malah bakal jadi racun ya?πŸ˜€ ). Tawa itu akan menjadi pondasi bagi sebuah semangat baru, yang nantinya akan menjadi sumber energi dalam menjalani hidup (mengerjakan tesis, contohnya…)

Namun, tidak ada yang tipe komunikasi yang dapat mengalahkan komunikasi langsung, tanpa dihalangi oleh batasan yang dimiliki oleh alat komunikasi yang digunakan. Dalam komunikasi langsung, setiap kalimat yang terucap didukung oleh gerak bahasa tubuh, sehingga efeknya meningkat beberapa kali lipat. Apalagi, jika ada emosi yang terlibat dalam komunikasi itu. Sebuah kalimat sederhana yang terdiri dari 3 kata dapat membuat seseorang merasa seperti terbang di antara awan dan bintang (tapi, ndak sampai melewati Van Allen Belt [4]:mrgreen: ). Wuaaah… komunikasi… @___@

Oke, yang saya tuliskan di atas itu, adalah kalau komunikasi itu dilandasi dengan perasaan sayang. Nah, kalau komunikasi itu terjadi di antara orang-orang yang saling membenci? Tetap sama. Efeknya tetap menakjubkan…

Sebuah SMS pendek berisi sapaan dan sebuah pertanyaan iseng akan memancing ratusan pertanyaan dalam benak si penerima. Pertanyaan-pertanyaan itu, akan memancing hadirnya kecurigaan, yang kemudian akan mengundang datangnya pikiran buruk. Pikiran-pikiran buruk yang ada, kemudian akan berkolaborasi untuk merumuskan rencana-rencana. Bisa saja terjadi, sebuah SMS memicu terjadinya perang antara dua negara.

Jika komunikasi SMS tersebut ditindaklanjuti dengan sebuah panggilan telepon, curiga yang sudah hadir dalam hati akan membuat setiap kalimat yang terucap jadi terdengar seperti sebuah cemoohan, hinaan, ejekan, dan umpatan. Sapaan ‘halo’ akan terdengar seperti ‘crucio‘ [5] dan semakin lama panggilan telepon itu berlangsung, hawa akan terasa semakin dingin, angin berhembus kencang membawa awan gelap yang dihiasi dengan kilatan halilintar, dan sosok-sosok hitam berjubah beterbangan di sekitar, menyedot habis semua kebahagiaan yang ada [6]. Pada akhir panggilan telepon, yang tersisa adalah kemarahan… dan pikiran-pikiran buruk yang merumuskan rencana-rencana…

Dan, komunikasi langsung antara dua orang yang bermusuhan juga dapat mengundang bencana yang sangat dahsyat. Pertemuan antara Hannibal [7] dan Gaius Terentius Varro yang ditemani oleh Lucius Aemilius Paullus [8] di Cannae pada suatu pagi di musim semi tahun 216 SM, membuat lebih dari 80.000 orang terbaring tak bernyawa mandi darah pada sore harinya, membuat Battle of Cannae menjadi sangat terkenal dan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu greatest tactical feats in military history. Padahal, kunjungan Hannibal ke Cannae itu adalah untuk mencari bahan makanan untuk anak buahnya😦 . Itulah… komunikasi… @___@

Jadi, berhati-hatilah dengan komunikasi…

keterangan:

[1]. Salah satu jenis ramuan yang dibuat oleh Harry Potter dalam buku keenam.

[2]. Salah satu tokoh dalam buku Harry Potter.

[3]. Ramuan yang berkhasiat untuk membuat seseorang jadi sangat beruntung.

[4]. Sebuah wilayah di luar atmosfer Bumi, penuh radiasi tingkat tinggi.

[5]. Salah satu dari 3 Unforgivable Curses.

[6]. Efek yang terasa kalau ada Dementor berkeliaran.

[7]. Salah satu Jenderal terhebat dalam sejarah, memimpin pasukan Carthago melintasi Alpen untuk menaklukkan Roma.

[8]. Dua konsul Roma pada tahun 216 SM. Paullus tewas di Cannae, bersama 80 orang anggota senat.

Komentar
  1. suandana mengatakan:

    :mrgreen:
    Mumpung akhir pekan, boleh iseng sebentar:mrgreen:

  2. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    walah, ternyata komunikasi sama2 bisa memberikan efek yang sama, baik kepada orang yang disayangi maupun yang dibenci, ya, pak. pak adit barangkali sudah sering mempraktikkannya?
    *mumpung akhir pekan, komen iseng, hehehehe *

  3. cK mengatakan:

    hihihi bener banget tuh. kalau dapet sms dari orang yang disayang, kayaknya gimanaaa gitu. tapi kalo dapet dari orang yang disebelin, cuekin aja hahahaha…πŸ˜† πŸ˜†

  4. suandana mengatakan:

    # Pak Sawali
    Begitu lah, Pak… pengalaman membuktikan seperti itu:mrgreen:

    # chikaπŸ˜†
    Begitulah… begitulah…

  5. takochan mengatakan:

    Apalagi kalo ujung2nya nawarin MLM, huh! *twisted*

  6. stey mengatakan:

    Iyaahhh..komunikasi..komunikas terbaik saya adalah melalui blog..suka susah ngomong kalo di dunia asli..heheh..

  7. suandana mengatakan:

    # takochan
    pengalaman pribadi, ya?πŸ˜†

    # stey😯
    Ini satu bukti lagi, bahwa banyak blogger yang sebenarnya introvert nih…πŸ˜€
    *saya juga*

  8. betul sekali, kadang-kadang komunikasi itu luar biasa.πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s