profesionalisme…

Posted: 20 Januari 2008 in Uncategorized

Ada yang bertanya… “Sebenarnya, profesionalisme itu bagaimana sih?”

Jadi agak bingung juga menjawabnya. Karena dulu, waktu saya menanyakan hal yang sama pada beberapa orang lain, jawaban yang saya terima itu bermacam-macam dan sangat berbeda satu sama lain.

Ada yang mengatakan bahwa profesonalisme itu adalah “…mengerjakan sesuatu sampai selesai, dengan segala kemampuan…”.

Orang lainnya mengatakan bahwa “…profesionalisme itu adalah bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikan kita…”

Yang lain lagi berkata kalau, “…profesionalisme itu adalah memberikan hasil yang terbaik kepada pelanggan…”

Ada juga yang bilang bahwa, “…profesionalisme itu adalah bekerja keras, dan kemudian memberikan sebuah hasil dimana kita puas dengan hasil tersebut…”

Dan, banyak lagi definisi lain tentang profesionalisme  @__@

Lalu, mana yang benar?

Sepertinya, itu kembali pada masing-masing individu deh… Atau, masing-masing organisasi… Atau, masing-masing profesi…

Ngambang banget ya? Itu karena sengaja…  :mrgreen:

ps:

Hari ini, adalah batas akhir pengumpulan dokumen B 300 pengerjaan tesis. Mohon doa supaya diterima oleh pembimbing saya, dan kemudian beliau berbaik hati memberikan saya nilai A+ untuk 3 mata kuliah terkait; Tesis I, Pemodelan, dan Pemrograman  :mrgreen: 

Amin…

Komentar
  1. sawali tuhusetya mengatakan:

    menurutku, profesionalisme itu pekerjaan yang butuh keahlian khusus dan orang yang bersangkutan bisa hidup dari profesinya itu, halah.
    Tetap semangat, pak, saya ikut berdoa semoga studinya lancar dan cepet klar dengan perstasi terbaik. semangat pak adit.

  2. gempur mengatakan:

    Karena berakhiran isme, maka jawabannya pasti paham yang tentunya menyangkut profesi dan profesional.. hehehehhe.. la kok malah muter-muter… wis embuh lah.. njenengan yang lebih oke untuk membahasnya.. hehehehe

  3. itikkecil mengatakan:

    saya kok lebih condong ke profesional dimana kita memberikan yang terbaik untuk pekerjaan kita apapun yang terjadi dengan kehidupan pribadi kita.

  4. itikkecil mengatakan:

    Hari ini, adalah batas akhir pengumpulan dokumen B 300 pengerjaan tesis. Mohon doa supaya diterima oleh pembimbing saya, dan kemudian beliau berbaik hati memberikan saya nilai A+ untuk 3 mata kuliah terkait; Tesis I, Pemodelan, dan Pemrograman :mrgreen:

    didoain…..😀

  5. suandana mengatakan:

    # Pak Sawali
    Bisa juga, ya, Pak… Tapi, kalau seperti itu, berarti banyak guru yang ndak profesional dong. Karena, banyak guru yang kesulitan hidup dari profesinya itu…😐

    Terima kasih atas doanya, Pak… Semangat!!!😀

    # Pak Gempur
    Waduh, untuk membahas ini, saya juga kerepotan, makanya tulisannya ngambang…😆

    # Mbak Ira
    Tapi Mbak, biar bagaimanapun, yang namanya kehidupan pribadi itu ndak mungkin terlepas dari kita kan… Karena kehidupan pribadi itulah yang membentuk kita…😕

    Terima kasih atas doanya…😀

  6. phiy mengatakan:

    waktu SMA aku pernah cek di kamus,
    kata om kamus, profesional itu artinya pekerja yg dibayar,
    antonim dari amatir: keahlian tanpa bayar..

  7. suandana mengatakan:

    # afiy
    Hoo… begitu rupanya…

    amatir: keahlian tanpa bayar..

    kerja bakti, begitu?😀

  8. phiy mengatakan:

    yaa ga kerja bakti juga,
    poko’nya ga dibayar d,
    macem diriku yg ikutan pers kampus: sibuk, ngelurin duit, tapi ga dikasih gaji (T-T)

    Pas tau arti kata profesional di kamus,
    aku langsung manggut2, inget kata2 model doyan bugil yg suka bilang “demi profesionalitas” and de bla, and de bla…

    ooh, demi bayar gitu maksude..

  9. suandana mengatakan:

    # afiy

    sibuk, ngelurin duit, tapi ga dikasih gaji (T-T)

    😆 Kalau saya dulu kerja seperti itu digaji lho… 20 rebu per semester…😈 termasuk profesional gak tuh?

    Manggut-manggut baca bagian akhir… (yang ada kata model doyan bugilnya itu…😀 )

  10. pil mengatakan:

    profesionalisme itu keahlian yang melekat dengan kepribadian, barangkali gitu juga????,
    pokoknya pantang asal-asalan lah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s