simbol cinta… (kenapa kok nulis soal ini ya?) *mikir*

Posted: 17 Januari 2008 in iseng, renungan

Simbol cinta pertama adalah mawar merah. Ada yang penasaran nggak? Kenapa mawar merah dibilang melambangkan cinta abadi, yang hanya akan terpisahkan oleh kematian?

Kalau versinya Aria the Natural sih, itu diawali di Italia, pada jaman pertengahan. Dimana ada seorang pemuda bangsawan kelas rendah yang menjalin cinta dengan seorang gadis bangsawan yang tingkatannya lebih tinggi.

Untuk membuktikan diri kepada orang tua si gadis, pemuda itu bergabung dalam sebuah pasukan yang sedang menuju medan pertempuran. Tentu saja dia mau ikut bertempur, bukannya mau piknik dengan nebeng rombongan ituπŸ™‚ .

Singkat kata, terjadilah pertempuran yang membuat si pemuda terluka parah dan jatuh terkapar mandi darah di sebuah kebun bunga yang dipenuhi mawar berwarna putih. Kemudian, dengan sisa tenaga terakhir, pemuda itu mengambil sekuntum mawar, tak peduli walaupun darahnya menodai bunga putih tersebut. Si pemuda berpesan kepada sahabat yang mendampinginya di saat sakaratul maut itu agar memberikan bunga mawar yang diambilnya kepada gadis bangsawan yang dicintainya itu. Setelah berwasiat seperti itu, matilah si pemuda…

Sang sahabat, yang mendapat wasiat, segera pergi ke kota asal si pemuda (kebetulan si pemuda itu mati saat perangnya sudah akan berakhir), dan menemui putri bangsawan yang dicintai sahabatnya yang sudah mati itu. Dia menyerahkan mawar putih yang penuh noda darah, yang anehnya tetap berwarna merah itu, kepada sang putri. Sang putri pun tahu kalau pemuda yang dicintainya itu telah mati.

Nah, kebetulan ada seorang penulis atau penyair atau pengamen keliling (bard) yang mengetahui kisah itu. Entah dari siapa. Mungkin juga ya sahabat si pemuda itu, yang kemudian menyebarkan kisah tersebut. Rangkaian peristiwa berlanjut, akhirnya orang-orang pun meniru kisah tersebut dengan memberikan mawar merah kepada orang yang dikasihinya, sebagai tanda bahwa cintanya hanya akan hilang saat nyawa meninggalkan badan.

Kultur ini terus menyebar ke seluruh Eropa, yang kemudian dibawa ke bagian dunia lain saat orang-orang Eropa itu menerapkan politik imperialisme kolonialisme. Dan, terus berlanjut sampai saat ini. Mawar berwarna merah diterima sebagai simbol cinta yang paling umum. Padahal, kalau melihat dari cerita asal muasal digunakannya mawar merah itu, sebenarnya kan tanda kalau ‘pamitan’ ya… ^^;

Simbol cinta kedua adalah apel kristal. Seperti di dorama Love Generation itu lho…πŸ™‚

Katanya sih, apel kristal itu melambangkan cinta sejati. Apel itu, katanya, adalah buah surga yang menyatukan Adam dan Hawa. Jadi, buah itu adalah lambang cinta. Trus, kenapa apel yang dibuat dari kristal dibilang melambangkan cinta sejati?

Well, kristal itu kan sesuatu yang indah, namun rapuh, fragile, yang jika dipegang dengan sembrono dapat direbut oleh orang lain yang tertarik akan keindahannya atau bisa saja benda itu tergelincir dari tangan kemudian jatuh berkeping-keping, sementara kalau dipegang terlalu kuat, justru akan menghancurkannya. Katanya sih, cinta itu ya begitu itu… Bener nggak, sih?πŸ™„

Kemudian, kristal itu, walaupun kelihatannya halus banget, namun sebenarnya tidak begitu. Ada banyak cacat di permukaannya, walaupun dapat ditutupi oleh kilaunya yang memukau. Sama seperti cinta (katanya lho ya)… Makanya ada idiom true love never runs smooth. Begitu…

Tapi, ternyata, jarang ada orang yang memberikan apel kristal sebagai tanda cinta. Karena harganya agak tinggi, mungkin… ^^;

Terakhir (tiga saja cukup ya…), simbol cinta ketiga, katanya adalah coklat! Salah satu snack favorit saya tuh…πŸ˜€

Coklat dianggap sebagai simbol cinta karena rasanya yang manis namun ada pahitnya. Sama kayak cinta tuh… (katanya para ahli cinta sih, bukan saya… saya kan hanya menuliskan ulang:mrgreen: ). Makanya, kalau pas tanggal 14 Pebruari, banyak pasangan yang mewajibkan diri untuk membeli coklat…

Padahal, kalau katanya Conan alias Shinichi, tradisi itu sebenarnya hanya merupakan sebuah ajang promosi besar-besaran dari perusahaan pembuat coklatπŸ˜†

Jadi, begitu saja tentang simbol cinta…

Ah iya, jangan bertanya kenapa saya membuat tulisan ini. Saya sendiri nggak tahu alasannya…

Mmm… Salah satunya sih, mungkin karena ada salah satu anak yang bertanya seperti ini, “Pak, apakah adegan menyatakan cinta itu dalam film itu memang harus seperti itu? Ngasih bunga mawar sambil ngomong I lop yu, yang kemudian diterima sama ceweknya, lalu mereka berpelukan bahkan berciuman?” Dia sedang menyusun sebuah skenario film pendek tentang remaja, dan ada kisah cintanya juga (maklum, anak usia SMA:mrgreen: ).

Jawaban saya sih seperti ini, “Nggak harus seperti itu… Karena simbol cinta itu ada banyak. Terserah imajinasi kamu sebagai penulis cerita…”

Tapi dia (mereka, tepatnya) agak kesulitan untuk menyusun sendiri, karena itu ya saya sarankan untuk menggunakan hal yang sudah umum saja. Tiga di antaranya ya, yang ada di atas itu…πŸ™„

Nah, kalau pertanyaan yang akan saya ajukan ini, sepertinya Pak Sawali dan Pak Gempur akan dapat menjawab nih… “Bagaimana ya, cara yang efektif untuk melatih kemampuan imajinasi anak-anak itu?”πŸ˜€

Terima kasih…

Komentar
  1. suandana mengatakan:

    Lagi-lagi iseng di saat deadline menjelang…😦

  2. koecing mengatakan:

    yang mawar merah itu.. so sweet banged… bacanya terharu..

    *sama, saya juga iseng disaat deadline menjelangπŸ˜› *

  3. Mrs.Neo Fortynine mengatakan:

    siapa bilang simbol cinta pertama itu mawar merah?

    simbol cinta pertamaku malah Lambang Osis SMP jeeeh…

  4. Chiw lagi menjanda mengatakan:

    😎

    simbol cinta kedua adalah Kamus bahasa engres…

    simbol cinta ketiga adalah payung…

    simbol cinta keempat adalah bola…

    simbol cinta kelima adalah palang merah..

    simbol cinta keenam adalah Pramuka…

    simbol cinta ketujuh adalah Pramuka…

    Simbol cinta kedelapan adalah… BLOG!
    πŸ˜†

  5. suandana mengatakan:

    # koecing
    Hidup iseng!!!:mrgreen:

    # Siwi yang menjanda
    Simbol cintamu aneh plus unik…πŸ˜€

    Lah, terus TR mu iku termasuk simbol cinta keberapa?πŸ˜†

  6. anaesteshia mengatakan:

    cinta sih apa????????????

    πŸ˜€

  7. raddtuww tebbu mengatakan:

    co cwiiiitttttt,,,

  8. adeksetiawati mengatakan:

    jangan bertanya kenapa saya membuat tulisan ini

    soale sampeyan saiki lagi tibo tresno sih eh ato wis tresno ket mbiyen (grammarku iki bener opo ora tha mas??)

  9. jiki mengatakan:

    Sayah setujuh dengan simbol cintanya
    #1 bunga mawar merah bank plus deposito <– no koment
    #2 apel kristal krawoski <– lumayan tuh kalo dijual
    #3 coklat <— enak
    πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

  10. caplang[dot]net mengatakan:

    bukannya simbol cinta itu kondom?πŸ˜†

  11. suandana mengatakan:

    # anaesteshia
    cinta itu apa? hmm… saya juga masih belum benar-benar memahami tuh…πŸ˜€

    # raddtuww tebbu
    cwiiit… cwiiit… cwiiiiiitttt…πŸ˜€

    # adeksetiawatiπŸ˜† Mungkin juga ya…
    Soal grammar, kurang tanda koma sama tanda tanya tuh..πŸ˜†

    # jiki
    Setuju… setuju… Bunga bank memang oke… Apel kristalnya juga sip tuh… Dan coklat memang enak. Makanya saya suka…:mrgreen:

    # caplang[dot]net😯 Kondom sebagai simbol cinta?πŸ˜†
    Mungkin juga ya, bro…πŸ˜†

  12. takochan mengatakan:

    Zaman udah modern, jadi… bunga deposito dong!πŸ˜›πŸ˜†

  13. suandana mengatakan:

    Ngetes bisa komen gak… Ada yang mencurigakan soalnya…

    # takochan
    bunga deposito?πŸ˜†

  14. suandana mengatakan:

    Ah, ternyata bisa… Berarti yang di identifikasi sebagai spam itu komen dari IP kampus ya…πŸ™„

  15. gempur mengatakan:

    Nah, kalau pertanyaan yang akan saya ajukan ini, sepertinya Pak Sawali dan Pak Gempur akan dapat menjawab nih… β€œBagaimana ya, cara yang efektif untuk melatih kemampuan imajinasi anak-anak itu?”

    Ya jelas sekali, kalo mo ngajak anak-anak berimajinasi, biasanya untuk laki-laki saya ajak nongkrong di terminal membayangkan sesuatu yang aneh terjadi. Sembari memperbincangkan petualangan mereka di saat liburan. entah naik gunung, naik perahu, naik pohon dan naik-naik lainnya… hehehehhe

    kalau yang perempuan, biasa saya sempatkan sedikit waktu untuk sekedar menampung ajakan mereka untuk sekedar mendengarkan curhatan mereka.. dan biasanya saya plesetkan dengan guyonan liar tapi justru menjadi bahan cerita dalam diari pribadi mereka..

    Untungnya, ada beberapa yang menunjukkan hasil tulisannya pada saya.. alhasil, saya tertawa terpingkal-pingkal yang menimbulkan kecemburuan teman-teman yang lain hahahahahahaha

  16. suandana mengatakan:

    # Pak Gempur
    Wah, saya juga jadi iri nih, Pak… Karena sudah lama dak hang out n ketawa bareng anak-anak lagi…πŸ˜•

  17. phiy mengatakan:

    Palentin bukannya masih lama yak xD

    Saya nda suka mawar,
    cantik tapi beduri.

    Saya lebih suka Apel Kristal,
    soalanya…

    m a h a l
    :mrgreen: v

  18. suandana mengatakan:

    # afiy
    Ah… kalau mau mbahas cinta, masak harus nunggu sampai palentin sih?πŸ˜€

    Ternyata, sekarang ini para cewek melihat dari nilai ekonomis hadiah yang diberikan ya… Coba lihat tuh, komen-komen di atas…πŸ™„ kalau ndak bilang bungan bank, ya bunga deposito (ini salah satu varietas bunga bank kan?)… Atau, milih apel kristal karena harganya:mrgreen:

  19. eMina mengatakan:

    😯

    mawar merah? *lirik avatar*
    itu kan saya banget…:mrgreen:

    ah, saya ga mau ganti apatar meskipun maknanya begitu

    dan bagi saya, cinta ga mesti di maknain kyak gitu dengan simbol simbol. itu mah cinta yang sempit. Dan saya menyukai cinta yang universal.

  20. phiy mengatakan:

    Ia dong, harus liat nilai ekonomis.
    Bukan krn matrealistis, tapi kerna RealistisπŸ˜†

    Pan kalo bayaran sekolah anak naek,
    tu apel kristal bisa dipotek buat dijual xP

  21. Resi Bismo mengatakan:

    Simbol cinta itu adalah
    Istri cantik nan solihah
    Anak-anak manis yang menjadi penyejuh mata dan hati…. kurang lebih demikian.

    wacaaaattt (mode bruce lee on)

  22. suandana mengatakan:

    # eMina
    Bukannya cinta itu memang sudah universal dari sananya?

    # afiy
    Realistis ya…πŸ˜†

    # Resi Bismo

    Istri cantik nan solihah
    Anak-anak manis yang menjadi penyejuh mata dan hati…. kurang lebih demikian.

    Anoo… bukannya itu adalah hasilnya cinta?πŸ˜€

  23. DYNA HANDY mengatakan:

    kenapa simbol cinta kok itu aja?????????????????????????????????

    cinta itu di lihat dari kesetiaan and pengorbanan…………………………………..

  24. akai tomatoo mengatakan:

    harus aku akui kata” itu

  25. akai tomatoo mengatakan:

    harus aku akui semua itu..
    good job

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s