jangan mau gak nulis seumur hidup…

Posted: 5 Januari 2008 in Uncategorized

Tulisan kita ibarat setapak yang bisa membawa orang ke mata air atau nyala lilin di kegelapan  -Bunda Gola Gong-

Quote di atas ini🙄 diambil dari buku yang judulnya sama dengan judul tulisan ini. Jangan Mau Gak Nulis Seumur Hidup. Bukunya dak terlalu tebal sih, hanya sekitar 151 halaman. Isinya, merupakan kumpulan tulisan yang pernah dibuat oleh Gola Gong dalam rangka memotivasi dan mengajarkan orang-orang di sekitarnya untuk menulis.

Tulisan-tulisan itu ada yang pernah dimuat di Radar Banten (Salam dari Rumah Dunia), dan ada juga yang dimuat di rubrik Bengkel Cerpen Nida (Cerpen yang Khas dan Berkarakter, salah satunya). Selebihnya, dipublikasikan di Rumah Dunia.

Buku ini, pada intinya, menceritakan perjalanan karir Gola Gong dalam menulis agar pembaca termotivasi untuk menulis juga. Dalam buku ini, disampaikan pentingnya para (calon) penulis pemula untuk menemukan teman-teman sehati untuk kemudian saling bertukar pikiran dalam suatu komunitas. Kemudian, tentang pentingnya banyak membaca serta melakukan riset lapangan untuk menemukan ide dan menambah perbendaharaan kosakata. Juga tentang pentingnya membuat tulisan di buku harian sebagai langkah awal dalam menapaki jalan kepenulisan untuk melatih diri agar dapat menulis dengan hati. Blog juga dapat dimasukkan dalam kategori latihan menulis ini (salah satu alasan kenapa saya terus nge-blog walaupun kuliah yang memberikan tugas untuk nge-blog sudah berakhir😀 ).

Tidak hanya motivasi, Gola Gong juga menuliskan bagaimana cara membuat sinopsis, menentukan sudut pandang, menggali imajinasi dan konflik, menyusun alur dan plot, serta melahirkan karakter yang sedemikian kuatnya sehingga dapat merasuki pembaca. Salah satu karakter yang dicontohkan adalah Roy, karakter utama dalam Balada Si Roy, karangan Gola Gong sendiri yang sedemikian kuatnya sehingga sempat menjadi masalah tersendiri (diprotes para orang tua karena anaknya lebih rajin naik gunung daripada ke sekolah, seperti si Roy).

Intinya, bagi yang berminat dan berniat menjadi penulis, buku ini lumayan berguna untuk dibaca. Beli aja deh… Dak terlalu mahal, kok… Kalau di Gramedia, dilego dengan harga 35 ribu. Entah di toko lain. Mungkin bisa lebih murah. Apalagi di Palasari…:mrgreen:

Sebenarnya, bersama buku ini, kemarin saya membeli 2 buku lain. Totto-chan dan The Secret. Tapi, sepertinya, dua buku ini sudah banyak di-resensi. Jadi, silahkan guggling aja untuk mencari info tentang Totto-chan dan Rahasia itu… OK?😉

Komentar
  1. suandana mengatakan:

    pamer nih…🙂

  2. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    oh, diam2 pak adit menyukai karya2 gola gong juga, yak! emang bener, pak adit, jangan mau kalau diajak untuk tidak ngeblog. *halah*

  3. qzink666 mengatakan:

    Yupp.. Jangan berhenti nulis..
    Eh, di tunggu sinopsis 2 buku lainnya, pak.. Kayaknya menarik juga tuh..😛

  4. estupitarto mengatakan:

    ngapain berhenti menulis? kalo menulis itu bisa memberi tambahan pendapatan bagi kita?
    J>K Rowling konon kekayaannya melebihi Ratu Inggris Elizabeth lewat Harry Potternya.
    Jujur aja aku merasa panas ketika dipameri mobil sedan punya teman guru. Katanya semua itu dia dapatkan dari royalti menulis buku. Ada lagi teman di Pati, katanya dapat tawaran 33 juta untuk buku pelajaran yang dia tulis.
    Duh..kapan aku bisa kayak mereka ya? yang jelas kini aku terus aja menulis, menulis, dan menulis.
    Trus menulis ya pak, aku tunggu postingan lainnya.
    Lam Kenal🙂

  5. aRuL mengatakan:

    nulis apa adanya…
    setiap saat🙂
    merekam kehidupan🙂

  6. itikkecil mengatakan:

    *tunggu kiriman buku dari adit*

  7. suandana mengatakan:

    # Pak Sawali
    Hidup nge-blog!!! Apalagi kalau rumahnya baru…:mrgreen:

    # qzink666
    hidup nulis!!! dua buku yang lainnya… kan sudah banyak di internet, bro…

    # estupiarto
    33 juta dari menulis… pengen…

    # aRuL
    Yup… bener banget… Tapi, kalau bisa, dikasih ‘bumbu’ dikit, biar dak terlalu hambar…:mrgreen:

    # Mbak Ira
    *nunggu kiriman dana dari Mbak Ira*:mrgreen:

  8. eMina mengatakan:

    saya blm banyak referensi buku ttg tulis menulis.
    palingsaya punya yang “belajar dari sastrawan dunia”
    lumayan bagus juga itu ^^

  9. takochan mengatakan:

    totto-chan *centang*
    pamer.com😛

    the secret, takut bacanya. Buku motipasi kan?😕

    ya, ya, dipercaya sudah membaca 3 buku pada weekend kemarin😈

  10. suandana mengatakan:

    # eMina
    Referensi saya tentang tulis menulis juga tidak terlalu banyak kok… ^_^

    Belajar dari sastrawan dunia ya… sepertinya menarik tuh…

    # takochan
    *pura-pura dak baca komentar tentang totto-chan*😛

    Buku motipasi kan?😕

    Yak, anda benar!!! Dan, saya memang sempat tertidur waktu membaca buku itu (belinya karena dipesan Bunda kok…) ^_^

  11. phiy mengatakan:

    Ugh, untung diingetin (soal totto-chan),
    kalo ngga aku lupa ni duid bakal melayang kemana..

    “duwit2ku sayang, coba kamu pilih,, mo kutuker dengan Hanakamu Ikemen Paradise 1-12, apa Totto-chan”

    *membiarkan ujung uang memilih ke arah Pasar Minggu ataw Gramedia Matraman*

    Ujung duit kan ada Empat piiii….😄

  12. ordinary mengatakan:

    terus.. mana tulisan barunya?????🙂

  13. suandana mengatakan:

    # afiy

    “duwit2ku sayang, coba kamu pilih,, mo kutuker dengan Hanakamu Ikemen Paradise 1-12, apa Totto-chan”

    😆 😆

    # ordinary😳
    sebentar… sedang banyak tugas *ngeles*😀

  14. grace mengatakan:

    iyaaahhhh….
    makanya saya kembali
    btw, gola gong bagus..saya suka🙂

  15. suandana mengatakan:

    # grace
    *langsung berkunjung ke tempat yang dimaksud, tapi pulangnya kesasar sehingga baru bisa merespon komen yang di sini sekarang😀 *

    Ayo… nulis terus!
    SEMANGAT!!!

    (walaupun sekarang sedang banyak tugas dan terkapar kecapekan…)🙂

  16. rara mengatakan:

    yang penting menulis…
    sekecil apapun maknanya, tetap suatu tulisan yang pasti berguna.. heuhehe😉

  17. stey mengatakan:

    HIDUP BLOGGING!!!

  18. suandana mengatakan:

    # rara
    yup, betul sekali itu…😀

    # stey
    HIDUUUPPP!!!😀

  19. Penulis Indonesia mengatakan:

    Kabar gembira!! Buat yang suka nulis-nulis, buat penulis muda, buat para blogger, buat temen2 yg hobi nulis tapi belum bisa buat buku, belum percaya diri, sekarang sudah ada medianya,

    Penulis-Indonesia.com, kayak Friendster tapi khusus buat yang hobi nulis, penulis, pujangga, penulis naskah, blogger…

    fasilitasnya juga cukup oke, lengkap dgn alamat pribadi untuk profil, blog, dan album…ada chatnya juga loh🙂
    Baru dibuka 1 Januari 2008 lalu, skrg membernya sudah 300an🙂 rame buanget loohh aktifitasnya!!

    Cepetan gabung ya🙂
    di sini alamatnya :

    Penulis-Indonesia.com atau tanpa tanda –
    PenulisIndonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s