14 langkah membuat film sendiri…

Posted: 6 Juli 2007 in pendidikan

Akhir-akhir ini, banyak yang memprotes para produsen sinetron Indonesia yang dianggap telah kehilangan daya kreatif sehingga akhirnya menyadur film yang diproduksi orang luar. Tapi, sebenarnya, bagaimana sih cara membuat film itu? Posting ini bukan sebuah pembelaan, dan bukan pula sebuah hujatan baru. Hanya ingin menunjukkan… Begini lho, caranya membuat film. Hitung-hitung, sebagai materi tambahan buat anak-anak saya di sekolah…

Pada dasarnya, membuat film itu dapat dibagi ke dalam 14 tahapan. Apa saja?

1. IDE

Idealnya, IDE ini harus unik dan original. Tapi, memutuskan untuk menyadur sebuah karya orang lain itu juga termasuk sebuah IDE lho… Untuk mencari IDE, banyak cara yang bisa dilakukan. Melakukan pengamatan terus-menerus, jalan-jalan ke tempat yang aneh dan belum pernah didatangi manusia, nangkring di pohon asem di pinggir jalan sambil mengamati kendaraan yang lalu lalang, atau bahkan duduk santai di sebuah food court di suatu plaza atau mall. Melamun sendirian di dalam kamar juga bisa mendatangkan ide, kok…

2. Sasaran

Setelah mendapatkan IDE, tentukan sasaran dari film yang akan dibuat. Koleksi pribadi? Murid SMU? Komunitas S&M? Para Otaku? Para Blogger? Siapa yang akan menonton film itu nantinya? Itu juga harus ditentukan dengan jelas di awal. Jangan sampai terjadi, film tersebut ditujukan untuk anak SMU tapi karena tidak disosialisasikan dengan jelas, akhirnya dipenuhi adegan berantem penuh darah ala 300

3. Tujuan

IDE dan Sasaran sudah ditetapkan. Yang harus dipastikan selanjutnya adalah tujuan pembuatan film. Ingin menggugah nasionalisme seperti Naga Bonar? Ingin menyampaikan pesan terakhir sebelum nge-bom? Ingin mendapatkan kepuasan pribadi seperti pembuatan film Passion of the Christ? Apa?

4. Pokok Materi

Berikutnya adalah menyusun pokok materi. Apa sih pesan yang ingin disampaikan? Ungkapan cinta? Sekedar pesan mengingatkan bahaya merokok?

5. Sinopsis

Sinopsis adalah ringkasan yang menggambarkan cerita secara garis besar. Semacam ide awal gitu loh. Dari sinopsis ini, nantinya bisa dikembangkan menjadi cerita yang lebih detil.

6. Treatment

Tahapan ini adalah penggambaran adegan-adegan yang nantinya akan muncul dalam cerita. Tidak mendetil. Contoh treatment itu seperti ini…

Ada seorang perokok yang sedang merokok dengan santainya. Kemudian tiba-tiba dia batuk-batuk dengan hebat dan agak lama. Sebelum beranjak pergi, orang itu membuang rokoknya sembarangan. Tiba-tiba muncul api…

7. Naskah

Naskah adalah bentuk mendetil dari cerita. Dilengkapi dengan berbagai penjelasan yang mendukung cerita (seting environment, background music, ekspresi, semuanya…). Contoh naskah itu, seperti ini…

FS. Ali mengayuh becak. Ais duduk merenung, tidak mempedulikan Ali yang bolak-balik menatapnya.

Ali : Dak usah dipikir lah, Mbak…

Ais : (kaget) Heh? Apa, Bang?

8. Pengkajian

Pengkajian disini, adalah yang dilakukan oleh seorang ahli isi (content) atau ahli media. Yang dikaji, adalah apakah naskahnya sudah sesuai dengan tujuan semula? Dan hal-hal yang mirip seperti itu…

9. Produksi Prototipe

Proses ini dibagi jadi 3 sub-tahap, yaitu pra-produksi (penjabaran naskah, casting pemain, pengumpulan perlengkapan, penentuan dan pembuatan set, penentuan shot yang baik, pembuatan story board, pembuatan rancangan anggaran, serta penyusunan kerabat kerja), produksi (pengambilan gambar sesuai dengan naskah dan improvisasi sutradara), purna-produksi (intinya adalah editing).

10. Uji coba

Uji coba ini dilakukan dengan memutar prototipe di hadapan sekelompok kecil orang. Kalau produsen film besar, biasanya melakukan ini di hadapan para kritikus. Tujuannya adalah untuk mengetahui respon dari calon audiens.

11. Revisi

Setelah ada respon, maka dilakukan perubahan jika diperlukan. Karena itu lah, banyak film yang memiliki deleted scenes. Itu diakibatkan proses uji coba dan revisi ini.

12. Preview

Preview itu adalah pemutaran perdana, di hadapan para ahli isi, ahli media, sutradara, produser, penulis naskah, editor, dan semua kru yang terlibat dalam produksi. Tujuan dari preview ini adalah untuk memastikan apakah semuanya berjalan lancar sesuai rencana atau ada penyimpangan. Bisa dikatakan, bahwa preview ini adalah proses pemeriksaan terakhir sebelum sebuah film diluncurkan secara resmi.

13. Pembuatan Bahan Penyerta

Bahan Penyerta itu adalah poster iklan, trailer, teaser, buku manual (jika film yang dibuat adalah sebuah film tutorial), dan lain sebagainya yang mungkin dibutuhkan untuk mensukseskan film ini.

14. Penggandaan

Tahap terakhir adalah penggandaan untuk arsip dan untuk didistribusikan oleh para Joni (ini terjadi pada jaman dulu kala, waktu format film digital masih ada di angan-angan).

Nah, demikian lah proses produksi sebuah film. Dari awal sampai akhir, siap untuk didistribusikan. Jadi, apa lagi yang ditunggu? Mari kita produksi film-film berkualitas agar tidak dikatakan bahwa sineas Indonesia telah kehilangan kreatifitas dan tidak bisa memproduksi karya orisinil lagi. SEMANGAT!!!

Komentar
  1. chiw cakep galogin mengatakan:

    yea!pertamax!

    komen dulu, baru baca…

  2. cakmoki mengatakan:

    hebat nih, kayak panduan sutradara :)
    Mirip persiapan bikin presentasi untuk publik ya …
    mirip juga ama persiapan bikin flash animasi
    Siiip, ditunggu karya perdananya, hehehe

  3. suandana mengatakan:

    # Siwi
    Sedemikian pentingnya kah komen pertama kali itu?
    *menghela nafas berat*

    Eh, gak imud lagi nih? :D

    # Cak Moki
    Pada dasarnya memang mirip kok, Cak… Karya perdana? Terima kasih atas dukungannya. Yosh, SEMANGAT! :D

  4. Lintang mengatakan:

    sebenarnya nyadur itu sah-sah aja, cm sayangnya bnyk produser sinotron yg tdk menyebutkan sumber aslinya. dan skr bnyk sinetron yg kejar tayang, jd bnyk banget adegan2 yg janggal dan gak nyambung. hmm kl langkah2 pembuatan sinetron sama gak ya spt diatas??

  5. suandana mengatakan:

    # Mbak Lintang
    Langkah pembuatan sinetron, pada dasarnya mirip… Bedanya ya, pada kejar tayang itu. :-(

    # manusiasuper
    *senyum-senyum grogi*
    Hehehehe… Itu pertanyaan yang susah dijawab

  6. jejakpena mengatakan:

    Saya jadi sutradaranya kan? Oke, kita mulai kerja sama kontrak ini. Tapi satu hal, saya tidak suka dengan prinsip mengikuti pangsa pasar yang mementingkan ide komersil semata, juga penjiplakan karya, dan tema-tema `latah` yang sekedar digarap untuk dijadikan mesin uang, mengesampingkan nilai moral hanya untuk meraih popularitas dan casting peran yang tidak profesional…
    *nyamar jadi sutradara beken*
    *dipenggal massa* :mrgreen:


    Ilmu nih Mas, bagus banget, kasi kabar kalau udah launching karyanya ya ^^ *dukung*

  7. suandana mengatakan:

    Terima kasih atas dukungannya
    *terharu dan tambah semangat*

    Ada ide? :D

  8. dnial mengatakan:

    Bikin film buat festival film indie?
    Hooo……….. ho……….

    Idenya tentang orang yang lagi berangkat kerja pertama kali, udah mau telat, nyasar, trus di jalan banyak kejadian nggak wajar. Seperti, dikejar bencong, nyasar ke lokalisasi, dipisuhi pengendara motor busuk yang nggak bisa mbedakan jalan raya sama trotoar, dll.

    (kok jadi kayak pengalaman nyasarku waktu KaPe di Jakarta ya?)

  9. dnial mengatakan:

    Cuman usul lho..
    Aku nggak bisa bikin film…

  10. suandana mengatakan:

    # Mas Daniel
    Wah, based on true story ya? Bakal jadi kisah yang menarik nih…
    *Ngasih perintah ke divisi ide untuk menjabarkan*

    Yah, SEMANGAT!!! :D

  11. mybenjeng mengatakan:

    kalo pake handycam biasa bisa nggak bikin film yang bagus… :)

  12. pemeran pembantu mengatakan:

    @ jejakpena,
    mbak jepe, sy ndaftar jadi pemeran pembantu boleh?

  13. chiw imudz mengatakan:

    1.perencanaan
    2.pelaksanaan
    3.monitoring
    4.evaluasi

    Pra TD banget yak?
    kekeke
    btw, mbiyen wis ono Pra TD durung?

  14. chiw imudz mengatakan:

    cukup 4 langkah dan segalanya selesai! :lol:

  15. suandana mengatakan:

    # mybenjeng
    Tergantung melihat ‘bagus’ atau tidaknya itu dari sisi mana. Jika dari segi cerita, maka kamera yang digunakan ndak akan mempengaruhi kualitas. Tapi, kalau yang diinginkan adalah film dengan kualitas gambar yang baik (untuk di-broadcast melalui televisi, sebaiknya menggunakan kamera profesional. Banyak kok, film indie (bukan India, lho ya :D ), yang menggunakan handycam dan layak mendapat penghargaan karena ceritanya. Kapan-kapan buat posting tentang kamera profesional vs handycam ini ah… Terima kasih atas idenya, Pak

    # calon pemeran pembantu
    Proposal diterima, Cak… :D

    # Siwi
    Pra TD ya… Pra TD iku opo toh? *mode sok lugu*

  16. jejakpena mengatakan:

    @ pemeran pembantu
    Ahem… boleh Cak, tapi tetap harus profesional castingnya. Kalau memang hasil casting nya bagus, bisa jadi ga sekedar figuran lho… :mrgreen:
    -afa ini :P -

    Mari hasilkan film bermutu ^^ (halaah semangatnya)

  17. Neo Forty-Nine mengatakan:

    Thank you atas infonya

  18. suandana mengatakan:

    # Mas Neo Forty-Nine
    Terima kasih kembali…. Semoga bermanfaat…

  19. djari_tengah mengatakan:

    ada yang punya petunjuk praktis tentang bikin film pendek gak?, mo coba bikin.petunjuk yg berkenaan langsung dengan praktek dan langkah2, bukan yg teorinya.

    ada yg punya gak?
    ada festival film indie 2 bulan lagi di kampungku. aku ingin coba ikut bikin……

  20. djari_tengah mengatakan:

    please……

  21. Robert mengatakan:

    Alo,
    Saya sebenarnya pengen tau banyak tentang pembuatan film, lebih2 pada pembuatan scene, naskah, dan melibatkan para ahli yang profesional (yg ada di Jakarta).
    Tolong dijawab ya.
    Thank you.

  22. suandana mengatakan:

    # bonyot
    ??? Maaf, saya ndak paham… Belum sempat belajar bahasa Klingon…

    # Robert
    Kalau mau tahu lebih banyak tentang teknis pembuatan film, bisa gabung di wikiversity kok… Tapi saya belum tahu apakah ada versi Bahasa Indonesia-nya. Kalau berminat pada bidang pengembangan naskah, mungkin dapat berkomunikasi dengan penulis skenario beberapa sinetron di blognya ini (http://glensinemart.blogdrive.com/comments?id=126)

  23. ADI mengatakan:

    Ada yang punya contoh naskah skenario ga??
    Kalau ada, boleh kirimin doung..
    Lagi butuh banget nich..
    Pengen belajar acting…

    Thanks ya..
    -Adi-

  24. conan07 mengatakan:

    mang bisa bener2 terjadi pembuatan film sendiri???????????????????????????????????????????????????????????????????

  25. suandana mengatakan:

    # conan07
    bisa… tapi entah tahun berapa… kalau yang saya tulis ini mah, bagaimana caranya supaya bisa buat film secara indie (maafkan penggunaan Bahasa Indonesia saya yang kurang tepat ini)

  26. podol mengatakan:

    thanks before,,,kolom nie berguna bgt bwat pemula kya aq….

  27. aRiaN mengatakan:

    thanks ya atas tipsnya….

    moga2 sutradara Indsonesia lebih maju
    dan
    lebih pinter dalam membuat film…

    chayo….

  28. suandana mengatakan:

    # podol
    saya juga pemula kok -_-

    # aRiaN
    amiiin… SEMANGAT!!!

  29. Andi Galunk mengatakan:

    ikutan belajar buat film donk??? thanks

  30. ardeee mengatakan:

    Hi dup per FILM an INDONESIA….

  31. ryan mengatakan:

    kayak pelajaran mengarang waktu di sd ya? gampang kan

  32. Dwi mengatakan:

    waH…..!seTeLaH BaCa aRtikEL Tadi gw Jadi ga SaBar pEngeN BikiN FiLM….!!
    SeRU…!Thanks YaW….

  33. @ntO' "ace" mengatakan:

    aiY . .

    ikutan nImbRuNg !!!
    POKOKE maNk NYUs !!

  34. @ntO' "ace" mengatakan:

    jDi penGen cPt22X bWt Film ! !

    gY Nre tmN bWt biQn piLEM !!

  35. habibi mengatakan:

    terimakasih ats ilmunya…………..
    semoga bermanfaat …………..

  36. syahrial mengatakan:

    lg belajar jua …….
    wal all

  37. Aziz mengatakan:

    permisi ada yang punya contoh Shooting Line gak?

  38. ikrar mengatakan:

    Bikin LA Movie Yu……

    ikrar_jelek@yahoo.com

  39. rahmat mengatakan:

    ini ilmu berharga buat aku, dan dengan keinginan yang keras dari hati, aku yakin bisa melakukannya.

    salam hangat dari salah satu newbie movie indonesia

    terima kasih banyak buat ilmunya

    RAHMAT :)

  40. rahmat mengatakan:

    MAS nanti kalo filem independent ku dah kelar aku mau mas yang menjadi kritikus nya yah…………..

    RAHMAT @};-

    rahmat.21_1@yahoo.co.id :)

  41. susilo budi mengatakan:

    wah matur thankyu atas ilmunya.Semoga bermanfaat bagi kita semua.Mak nyuuuusssss

  42. afing mengatakan:

    Assalamu’alaikum.
    Met malam mas, numpang lewat pas lagi browsing diantar kesini. jadi ya kasih pesan gini.

  43. ady kid mengatakan:

    la
    itu

    kan cara buat filem
    kakak aku mau tanya
    jika
    aku udah punya naskah atau jalan cerita yang udah berupa sinopsin
    dan tinggal di jadikan filem
    tapi aku gak punya alat-alat untuk buat filem
    itu gimana

    adakah perusahaan yang mau muatin filem itu
    kayak klo mau buat buku/novel

  44. Rian Arya mengatakan:

    Waahh…..gw pengen bgt bikin film… :)

  45. Hallie Parker mengatakan:

    Ka’, makacih yach bwt ilmuny….
    B’coz of this article, I can finish my task that U won’t imagine how much it is..
    So, domo arigato gozaimasu…
    Sukse selalu…
    Good Luck…
    Gambatte Kudasai….

  46. exblopz mengatakan:

    Saya malah kepingin dari dulu bikin film. Tapi nggak tahu caranya bikin naskah, tapi hari ini searching2 nemu contoh naskah dari banyak film holywood. Apalagi ditambah dengan blog ini. Wah, thx om.

  47. exblopz mengatakan:

    #45 dari pengalaman seorang sutradara sih, mereka langsung mencari produser untuk bisa memproduksi film tersebut. Contohnya banyak, para sineas indonesia gitu kok. Coba aja cari produser untuk naskahmu itu, kalau disetujui bagus, kalau nggak ya…bikin lagi yang lebih bagus :D

  48. Irfan ludvi Astanto mengatakan:

    cut…cut….cut….
    gak semudah itu buat film……?
    film adalah karya seni…..bagiku mulai dari 0 juga karya seni….

  49. sigid mengatakan:

    siiipp, mungkin bisa lebih detail dari tiap-tiap pointer penjelasannya biar tambah mudeng buat yang lagi belajar kayak diriku he..he…

  50. matthew mengatakan:

    aku n temen2 disuruh buat film tentang pengenalan fakultas akuntansi…
    beri masukan apa aja yang harus kami bidik…
    tentang apa aja… thanks…

  51. Boncu mengatakan:

    Oke topiknya menarik sekali, saya juga sama teman
    ada rencana akan membuat Film yang sekiranya menarik dan bisa dijadikan penghasilan.
    Kita sudah ada Alat, Pemain sukarela : Pria,Wanita,Sampai Bencong juga ada.
    yang mau gabung silahkan Email ke

    “jagoan_asep@hotmail.com”

  52. ardian mengatakan:

    makasih yah aku kini bertambah ilmunya tentang perfilman

  53. Riyan mengatakan:

    itu cara membuat naskah film, klo baut naskah iklan gmn??

  54. ujji mengatakan:

    tau gag . kls aku dikasih tugas bikin film . satu kelompoknya 5 orang . u kno , i didnt even expect b4 that making a film would be really hard ! gila , padahal cuma bikin a 10-minute film ! the task is really drivin’ me crazy ! udah 2 hari bikin , kita cuma asal2an ajja deh . yg penting jadi . pdhl ak pngen bikin film yg bgus . tpi y , whatsoever !!!!

    huhuhu . any suggestions ?

  55. indra mengatakan:

    bisa kasih tau ga.gimana cara membuat film dokumenter?

  56. gitarpro mengatakan:

    soal teorinya memang ya gitu, tapi kalau dah kena kejar duit eh tayang, mau gimana lagi, gak bisa ngomong deh. Tapi untuk cerita lepas berdurasi 1 atau 2 jam gitu, saya ngakui sangat banyak yang bagus.

  57. ridwan mengatakan:

    gua pengen banget jadi sutradara . adanya cara pembahasan tentang cara pembuatan filem yang baik jadi menambah pengetahuan gua tenteng dunia perfileman. maju terus perfileman indonesia

  58. dhanixyt mengatakan:

    kira2 berapaan ya biaya untuk pembuatan film tuh..??
    mahal gak yah..??
    berapa kamera yang dibutuhkan..??

    gw pengen juga neh buat suatu film yang bisa membuat orang lain terdorong, terhanyut, sedih, senang…esetra lah…apa aza dah..

  59. luthfiyah mengatakan:

    maaf mo nanya donk

    aq harus ngebuat liputan tentang sebuah tempat untuk tugas kelulusan. Menurut Anda tempat yang diliput itu harus tempat yang populer atau tempat biasa terus kami sebagai peliput yang mempopulerkannya??

    trimakasih untuk jawabannya

  60. zhie anti mengatakan:

    thank’s ya info na.. bisa jadi pelajaran buat saya.. sukses selalu untuk mz Darma.. :)

  61. opique mengatakan:

    buat film akhir-akhir inni malah jadi hobi buat aku, malah aku pengen banget buat home productions yang besar n terkenal kelak……………..

    opiqueghoqielt@ymail.com

  62. Dedes Sudiyanto mengatakan:

    Cari ide buat bikin film ya Pak?

    Gmana kalo novelku aja dibuat film? Novel cinta sih, n’ latarnya emang kampungan, tapi saya jamin isinya nggak klise.

    Novel saya tulis di http://k451ht4k54mp4i.wordpress.com.

  63. aziz susanto mengatakan:

    QreN bGt nih tiPs!!,,,,,
    Makasih yA,,,
    MasaLahnya,,,
    Ngatur kamEranya tuch g mn??
    Kalo 1 kata,tapi 2take gambar!
    G mn y??
    Tolong blas di e-mail Qu,,,
    Thx,,

  64. Pray mengatakan:

    Kal0 bkin film indie kan psti ad s0undtrack n lgu-lgu yg mengiringi adegan (gag tau sbutannya ap..) ..
    Kita hrs bayar ke si pembuat lagu n instrumennya gak kal0 kita pake lagu mreka ??
    Rep0t jg kl0 ad bayarannya ..
    Hahaha .
    Maklum,l0w budget ..
    T0l0ng d jwab ya..
    Tq

  65. Mbah Rie mengatakan:

    Zhie anti.. kamu cakep deh…
    drpd bkn film bikn adik yuk..

  66. nando mengatakan:

    pa, aku nando, aku mo nulis skenario, aku minta tolong dong, gimn cara menulis skenario.
    makasih ya sebelumnya….
    salam knl
    GBU.

  67. elyas mengatakan:

    bikin film emang tidak semudah yang kita bayangkan tapi juga nggak sesulit yang orang kira. terakhir bikin film pendek itu juga ngaco….. bener banget nih articlenya … emang perlu kudu ada persiapan yang matang biar filmnya sesuai …..

  68. konjiel mengatakan:

    ciamik cakkkk..

  69. ukhti mengatakan:

    mas..pengen tanya2 nih..ini nih maksudnya gimana yah??….Naskah terdiri atas : Judul, Tema Film, Sinopsis / Ringkasan Cerita,Penokohan/Karakter Pemeran, Teknis Produksi dan — seandainya mungkin — silakan lampirkan Dialog Lengkap serta Perkiraan Durasi Film maksimal 10 menit

  70. heriyanto mengatakan:

    mas belajar bikin film gimana sih utk pemula

  71. kris mengatakan:

    Perlu ijin ga? distribusinya gimannna?

  72. deen mengatakan:

    klo bikin filmnya siang2 di luar ruangan. apa kita masih butuh cahaya tambahan (lampu) untuk memperindah gambar? klo emang butuh sebaiknya pake lampu apa? trus kira-kira alat-alat lighting harganya brp??

    thank’s

  73. marjudin mengatakan:

    saya tinggal di jambi dan agak kekurangan materi dan acuan cara membuat film dan iklan padahal sy sangat senang dengan dunia film ini…bs gak sy minta koneksinya..amien

  74. Kenthut mengatakan:

    Film itu sebenarnya bukan secara text….. melainkan bermain dengan rasa

  75. shafira maharani mengatakan:

    wuuuuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhh,,,,,,
    doain yah biar gue bisa jadi produser n sutradara yg hebat,,,,

  76. nukman mengatakan:

    keren bgt artikelnya..
    gw pgn brtemen dgn mu sob

  77. MUNIP SOFYAN mengatakan:

    klo gw chi.. ikut pendapat mereka yg positif za deh..
    n’ gw cma minta do’@ restunya aza gw mo bkin film pendek nich.. do’@in byar gw sukses za
    tos sakitu wae ti abdi mah
    punten…….:-);-)※

  78. idok mengatakan:

    nah…………. gitu donk,, saya kan bisa copas….
    thanks yupz…………

  79. awan mengatakan:

    jadi pengend belajar banyak ….,
    tolong jelasin cara buat film pendek mulai dari basic banget yaa ??
    hhhee …

  80. Yopier mengatakan:

    thx bgt infox penulisan cara buat naskah film,..skarang saya lagi Tulis Naskah film

  81. Beth Junginger mengatakan:

    baiklah kalau begitu…..saran anda sangat mendukung….!
    Oke,’There’s No Winter’….siap diluncurkan sebagai angan0angan sebelum tidur… A.C.T.I.O.N

    (Klo si Kenny Ortega bkin film High School Musical,gmana ngejelesainnya tuch???*answer,please. i need it*)

  82. junaedi mengatakan:

    saya termasuk orang yang punya cita2 ingn menjadi seorang sutradara, tapi bingun mulainya dari mana! tong carikan solusinya, ya!

  83. Asrul Zulmi mengatakan:

    kalau sinetorn jaman sekarang merupakan suatu pembodohan publik besar2an.bioskopnyanya juga itu2 mulu.aq cuma salut sama MILES yang melahirkan Film berkualitas..Aq juga lagi magang diPH yang lumayan eksis sekarang.dan semuanya hanyalah uang yang dibicarakan.tak ada keinginan untuk membuat tayangan yang bisa membangkitkan Moral bangsa kita…..BULL SHIT

  84. Asrul Zulmi mengatakan:

    membuat naskah Film tidaklah semudah yang anda harapkan.butuh banyak pemikiran lebih tentang peletakan2 plot poin dan midle poinnya.Agar cerita bisa berjalan rapi saat hendak mencapai klimaksnya..mungkin anda harus sekolah dulu atau paling nggak sering2lah ngobrol dengan sutradara.kalau mau simplenya,kelaut aja……….

    • juna mengatakan:

      yaah pak azrul, jadi kurang semangat lagi nih…tapi bagus juga, biar semakin giat mencari info dan pengalaman…salam…

  85. juna mengatakan:

    wah, bagus nih tulisan. memberikan tambahan pengetahuan baru..di tunggu tulisan berikutnya Bang.

    Trims ya

  86. vina mengatakan:

    yang mau bikin film gabung saja di:

    http://www.facebook.com/?ref=home#!/group.php?gid=69455696140

    dalam jangka waktu dekat (2/3 bulan lagi) kami akan membuat film pendek.

  87. doni mengatakan:

    thans atas ilmunya…..

  88. rojhieb mengatakan:

    ada gak ide untuk buat sinetron sendiri?

  89. dhagelan mengatakan:

    ijin copas ya bro……

  90. Filipus Fendi mengatakan:

    Thanks Berat yah…berkat ada ini, saya jadi bisa belajar buat bikin suatu naskah Film..
    tapi yang jadi masalah nya, saya kurang tau untuk menyalurkan ide saya ini kemana..
    ada yang bisa membantu ??

    Saya harap Ide Dari pengamatan saya selama 3 tahun di SMA bisa mengangkat derajat perfilm’an Indonesia..Trims..

  91. erditya mengatakan:

    bro ijin copast yaa?? gw tulis sumbernya aja pke ni blog

  92. eversmann mengatakan:

    makasi…
    bagus panduannya

  93. prima8 mengatakan:

    Thank Q infonya

  94. hardi mengatakan:

    ijin copy paste ya,,,,

  95. andy mengatakan:

    thanks ilmunya

  96. yuni rahmawati mengatakan:

    alo msal.a buat film documentasi sama gg ce??

  97. lestari mengatakan:

    gimana sih cara buat film yang mnarik dan bermanfaat??????

  98. sitta mengatakan:

    Salam kenal ya mas
    Tx banget da posting ilmu yang bermanfaat ini, jadi ada gambaran bagaimana proses pembuatan film dari awal dan akhir, sebelumnya cuma tahu enaknya nonton film hehe..

    Kalau mas berkenan, posting mas ini, akan saya share beberapa poin untuk anak-anak perpustakaan+ alang-alang di Ciawi, Bogor, karena meraka akan kedatangan seorang pembuat film, Candra Wibowo, mungkin mas tahu karyanya ‘Anganku’ yang pernah ditayangkan di RCTI.

    Semoga posting mas ini bisa mengilhami orang lain untuk lebih menghargai film ya, dan khususnya bagi pembuat film juga terpacu untuk membuat film-film yang lebih berkualitas. amin

    Salam hangat
    .Sitta.

  99. Nirwan mengatakan:

    Mantap… ini info yang saya cari..
    oya di situs apa bisa kita cari template naskah yang lengkap munkin, ato anda punya,?
    kemudian seorang pmbuat film juga harus mengetahui sudut dan tatacara pengambilan gambar, kalo ada informasi tentang itu.. diposting jugala.. :)

  100. [...] asli : Darma Aditya Nursalam Share and [...]

  101. acoxs mengatakan:

    ok lah. thanks atas ide nya……………………………. ( by gue) sip,/?/? kenanglah slalu

  102. acoxs mengatakan:

    trimssssss………………………………….
    fullll oce…………….

  103. manda mengatakan:

    siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip laaaaaaaah :D

  104. stephanie michelle mengatakan:

    w pengen bnget buat film….tpi ga punya duit beli peralatannya!! :(

  105. sello finka de vries mengatakan:

    wah!!!!…cool i lke it.i have make a film with my friend i’m from medan and class 6 sd i like make a film cause soo…coolllll….,,,,

  106. Cute mengatakan:

    ,,,hmmm.okelah aku paham sekarang.tapi aku mau tanya kalau misal nya kita mau bikin film tapi pemainnnya cuma ya…….sekitar 10 orang,sutradara 1+cameramen1.di tambah lagi biaya yang pas2an.terus skenario sudah di bikin.begitupun dengan naskah nya.apakah hasil film ini akan bagus hasilny nanti?ditambah lagi para pemain yang boys kurang mau latihan.so,gimana ni?apakah hasilnya akan bagus?sorry, I was still in junior class 5sd,,,

  107. Kudo mengatakan:

    Terima kasih atas infonya,,,

  108. hardie mengatakan:

    terimakasih atas informasinya,,,,,,
    hardie mau mnta aplikasi editing film,,,
    dan langkah-langkah editannya,,,
    mksh-a,,

  109. minggusedih mengatakan:

    14 langkah membuat film sendiri…
    makasih atas langkah…langkahnya…
    ini sangat berguna bagi saya,…yang awam dan ingin memulai untuk belajar
    semoga langkah ini dapat menjadi inspirasi bukan cuma saya, tapi teaman..teman pemula seperti saya….

  110. minggusedih mengatakan:

    14 langkah membuat film sendiri…
    makasih atas langkah…langkahnya…
    ini sangat berguna bagi saya,…yang awam dan ingin memulai untuk belajar
    semoga langkah ini dapat menjadi inspirasi bukan cuma saya, tapi teaman..teman pemula seperti saya….

  111. minggusedih mengatakan:

    saya pernah bikin video clip amatiran yaa hasilnya lumayan ancur deh,..dan sudah saya terbitkan di situs youtube…bisa di lihat di accaount saya
    minggusedih….thanks moga aja langkah ini bisa memperbaiki saya dalam proses dan pembelajaran…movie maker…

  112. minggusedih mengatakan:

    bagi yang tahu aplikasi macromedia apa y yang bagus buat saya sebagai pemula untuk membuat film,…
    karna peralatan dan kapasitas yang saya pergunakan hanya terbatas…
    saya hanya menggunakan video hp,…webcam,…dan editing dengan komputer menggunakan aplikasi yang sederhana windows movie maker…saya ingin belajar banyak…bagi teman..teman…yang sudah berpengalaman atau baru mau memmulai,..lebih kita sering,..biar dapat menambah ilmu,..wawasan,…untuk membuat film karya anak bangsa yang lebih baik….

  113. minggusedih mengatakan:

    bagi teman…teman yang mau lihat video clip amatir buatan saya bisa di klik di :
    http://www.youtube.com/results?search_query=minggusedih

  114. Duwi mengatakan:

    ini film action buatan saya gan.. tolong ditonton dan komentar yah http://www.youtube.com/watch?v=jSkDZWuZ_DE

  115. Penginapan di jakarta mengatakan:

    wah .. sangat menarik .. saya sangat suka dengan apa yang anda berikan di blog ini l.. terimakasih ya

  116. iyeh suryana mengatakan:

    mas sundana saya mau buat film tpi cuma skenario’y ajj gmna ea ..
    saya mau buat hanya naska’y ajj gk sambil nuat film. klo bisa kasih saya link buat nulis skenarionya ..saya sudah coba kemna2 tpi gak dapet juga ..

    mohon di bales ea mas sundana ..

  117. iyeh suryana mengatakan:

    oia mas sundana 1 lagi tau film malasya yg judulnya legenda anak setan tuh saya pengen buat film kaya itu cuma bukan begitu sih cuma sdihnya ajj ..

    mas sundana tolong saya ea ..
    nie saya buat cerita tentang raja sih maunya sih orang2 cina yg peraninnya tpi saya cuma anak kecil yg hanya bisa mimpi saja ..

  118. gopay mengatakan:

    wiiih,,,
    dapet ilmu saya dari bacaan di atas,,,
    makasih ya,,, :)

  119. ardan mengatakan:

    Maaf saya adalah seorang yang baru ingin memulai membuat naskah film… saya ingin bertanya kepada para senior.. kalau sayaingin menjual naskah saya, saya harus jual kemana ya??? mohon info ya.

  120. kojack mengatakan:

    membantu banget buat yang pengen bikin video blog seperti saya :)

  121. agus dedy mengatakan:

    mau bgt bikin film, v alatx blom tak kumpulim atu2

  122. rahsan mengatakan:

    IKUTI LOMABA PENULISAN CERITA FILM “TENTANG ANAK – ANAK DAN KEPAHLAWANAN” HADIAH 1 RP 50.000.000 AYO NASKAH DITUNGGU S.D 30 JUNI 2011

  123. miQdad mengatakan:

    apakah pembuatan film pendek bs dilakukan hny dgn tmn2 dekat dulu, sebelum membuat fim yg sebenarnya?
    hny untk uji coba saja…

    bls ke email saya ‘yoelnycka.miqdad@yahoo.co.id’
    terimakasih.

  124. Laura mengatakan:

    Wah thanks banget nih tips tipsnya, saya tertarik bikin film tapi masih bingung. Haruskah punya rumah produksi sendiri atau bagaimana ya? soal hak ciptanya seperti apa? makasih :D

  125. Jason Jazz mengatakan:

    Kalo Misalkan Untuk edit video buat daftar pemain dan sutradara dan lain lain gimana itu

  126. rahmet mengatakan:

    aku banyak sekali ide untuk membuat film…dan semua itu telah ku amati…slama perjalanan kuuu yang telah ku temui…
    tapi aku bingung harus kemana ku salur kan dan aku pingiinn sekali mencoba ekting karna aku memang sangat menjiwaiiiii nya…

  127. ian mengatakan:

    untuk sofwer editing film itu sendiri apa sich yang paling bagus…

  128. bella kristin mengatakan:

    i like it!!! yeeeeah..!!! try to do it. ;-)

  129. ryan mengatakan:

    saya sudah berhasil membuat fil CINTA REMAJA DI LEMBANG dengan biaya yang relatif murah saya bisa menghibur temen2 saya di sekoalh maupun lingkungan saya

  130. nata andita mengatakan:

    bos ,kalau kita ambil penggambaran dari handphone kan cuma dikit2 tu. terus kita sambung2in,,boleh ga,soalnya kan baru belajar, jadi alat yang digunakanpun masih terbatas,alias masih ngumpulin duit ni,,hehe..
    kalau untuk contoh film pendek yang bagus ada ga?,kalau ada,saya pengen tau judulnya,kalau bisa yang di ambil dari kehidupan nyata…terima kasih, mohon bimbingannya….

  131. saya sendiri mengatakan:

    uda ada teorinya, tinggal praktek nih.. :)

  132. wira mengatakan:

    artikel kereeennn abizzzzz….. komentar film buatan q dunk http://www.youtube.com/watch?v=HoYstaEShVY

  133. Waduh,,,lumayan nih dpt plajaran pnting..makasih.

  134. dani mengatakan:

    ya makais banyak

  135. riko mengatakan:

    sya bth job di ph2.. krna sudah resign bln ini…..no sya 02197833112….tlng ph2 recruit sya dtempat anda……..buat menunjang hdp sya mksh

  136. ardinusw mengatakan:

    mantebs om…

  137. ahmad risyad solahuddin mengatakan:

    baguss…ini yg saia mau!! mempermudah buat anak” indonesia yg ingin membuat film!! saia setuju!!

  138. perfilman indonesia harus lebih maju!!!!!

  139. JIBLEE mengatakan:

    woahh…butuh budget gede kali ya?klo anak sekolah kaya saya gimana bikinnya :’(

  140. reno mengatakan:

    mantaf……’I’Like I’t

  141. hecky chandra mengatakan:

    salam kenal..
    Saya adalah sineas indonesia yang cukup peka dengan perkembangan perfilman di negeri tercinta ini.
    Saat ini,saya tengah menyelesaikan sebuah film yang di angkat dari sebuah fenomena kehidupan rumah tangga yang broken home. film ini mengandung visi yaitu mengurangi tingkat KDRT yg berakibat pd perkembangan pendidikan anak-anak indonesia. saya sangat membutuhkn saran2 yg mendukung suksesnya film ini. Tq

  142. milo mengatakan:

    tambah ra dong. mbok di kei conto ne.

  143. dudung mengatakan:

    Saya sedang ingin membuat sinetron, belum punya pengalaman & dana terbatas …………. ada saran (praktis) / gak ?
    apa yg harus saya lakukan & berapa dana minimal yg dibutuhkan ?

  144. tanty mengatakan:

    ckup oke

  145. Wawan_Setiawan mengatakan:

    sangat bagus penjabarannya tentang film.

  146. ibnusyahreza mengatakan:

    jadi pengen buat film nih… Ada yang mau jadi bintangnya..?

  147. joe mengatakan:

    pergerakan indie film making adalah salah satu harapan untk memperbaiki sinema Indonesia. Yg satu lagi, tetapi menurut saya lebih penting? bagaimana cara membuat screenplay yg punya struktur solid dan karakter humanis. kalo mau lebih tau lagi visit tintascreenplay.com

  148. kita mau buat vedeo cerita pendek,yg bertemakan “kehidupan anak2 jalanan”, konsep sdh kt siapakan..hny sj kt blm pny pengalaman…..

  149. kita sedang buat flim tugas dari sekolah yang berdurasi tidak lebih dari 15 menit …. sekrang dalam proses pembuatan …. tapi kita masih bingung dengan mulainya dari mana

  150. Nurama Nurmala mengatakan:

    Tidak membahas lebih ke teknisnya ya :(
    Tapi makasih ulasannya :)

  151. syifaalif51 mengatakan:

    [...] 162 [...]

  152. aziz muslih mengatakan:

    kalau musiknya ngambil dari lagunya oma irama apakah kita bisa di tuntut?

  153. Asmara Cinta mengatakan:

    Ngento – ngento terus…. lalu buat film porno…
    Jadi deh…
    pasti banyak yang nonton… buka aja puki ama pepek kau

  154. Asmara Cinta mengatakan:

    entot terusss………

  155. tofik mengatakan:

    sangat-sangat membantu :) trims

  156. alhudristai mengatakan:

    bisa ga ya bkin film pendek sederhana yg cuman pake kamera digital?

  157. seo package wiki mengatakan:

    Link exchange is nothing else however it is simply placing
    the other person’s weblog link on your page at appropriate place and other person will also do similar for you.

  158. Meja laptop Portable mengatakan:

    yang komentar rame banget

  159. Powerbank mengatakan:

    menarik sekali

  160. […] 14 langkah membuat film sendiri… | Darma Aditya Nursalam […]

  161. yousouf mengatakan:

    Aku punya beberapa karya film dan drama, tapi tidak tahu cara menyalurkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s