ARIA the animation…

Posted: 22 Juni 2007 in hobby

Kemarin, jalan-jalan ke counter DVD di depan kampus. Iseng, beli anime berjudul ARIA. Iseng aja, n milihnya tuh “pok pak pok se kemma nyapok” (ini bahasa madura, biasa dinyanyikan kalau harus memilih secara acak & ngawur). Sore hari baru sempat menonton. Hasilnya, saya suka banget sama film ini!!!
Kenapa? Berikut alasannya…

1. Setting lokasinya adalah di sebuah planet bernama Aqua, di kota bernama New Venezia, di wilayah New Adriatic Ocean. Planet ini dulunya dikenal dengan nama Mars. Yup, Mars yang gersang dan berwarna merah itu telah mengalami terraforming besar-besaran sehingga sebagian besar wilayahnya saat itu malah berupa air. Makanya diberi nama Aqua. Bumi dalam cerita ini berganti nama menjadi Man-Home dan sudah rusak oleh polusi sehingga lautnya tidak bisa dipakai berenang dan tanahnya hanya sedikit yang bisa dipakai bercocok tanam (tidak diceritakan tentang bagaimana manusia yang tinggal di Bumi memperoleh makanan). Kolonisasi planet lain adalah impian terbesar manusia, dan rusaknya Bumi adalah bahaya yang mengancam kita saat ini. Karena itu, melihat bagaimana sebuah mimpi terwujud (walaupun hanya dalam film) membuat saya jadi… gimanaaa gitu (sulit diungkapkan dengan kata-kata). Excited, mungkin…

2. Karakter-karakter utamanya adalah para water fairies/ pengemudi gondola/ water guide, yang disebut sebagai undine. Mereka digambarkan sebagai gadis-gadis cantik nan anggun *maklum, saya ini kan cowok🙂 *, tapi bisa berubah bentuk jadi komikal yang lucu banget. Karakter utama ada 6 orang. Alicia + Akari dari Aria Company, Akira + Aika dari Himeya Company, dan Athena + Alice dari Orange Planet Company

3. Setiap company, punya kucing bermata biru sebagai presiden (saichou, bener gak nulisnya? belum belajar bahasa Jepang nih T_T) atau maskot. Kucing jantan putih gemuk bernama Aria milik Aria Company, kucing betina biru dengan ekor panjang bernama Himeya milik Himeya Company yang ditaksir oleh Aria, dan bayi kucing jantan kecil bermulut lebar nan lucu milik Orange Planet Company yang diberi nama MAA. *ini beneran lho, suer! tidak ada tendensi tertentu! kalau ada yang mau protes, harap hubungi pembuat film*. Tingkah mereka (kucing-kucing) itu lucuuu banget.

4. Lagu-lagunya itu bagus banget. Opening theme-nya berjudul “Undine” dan ending-nya berjudul “Rainbow”. Liriknya, syairnya… Bagus banget (bagi saya, setidaknya🙂 ). Lagu yang dinyanyikan oleh Athena juga bagus (tapi saya ndak tahu artinya, karena pakai bahasa aneh T_T).

5. Ada banyak quote bagus yang bisa saya tangkap dalam anime ini.

“The world appears wonderful in the eyes of wonderful people” -diucapkan oleh Alicia-san kepada Akari-chan”

Ada banyak sih, tapi karena terbuai oleh lagu-lagunya, jadi sedikit ngantuk dan ndak sempat mencatat yang lain (bilang aja ketiduran!!!🙂 ).

6. Yang paling saya suka adalah… Film ini ‘kan berseting sometime in the future. Tapi, sedikit banget scene yang menampilkan benda-benda berteknologi tinggi. Paling cuma pesawat luar angkasa yang datang dan pergi dari Internasional Spaceport, pulau terbang yang menjadi stasiun pengendali cuaca, laptop super tipis, komunikasi e-mail antara Aqua dengan Man-Home yang hanya perlu sekian jam, dan motor terbang yang digunakan oleh para Sylph. Selebihnya, adalah teknologi masa kini. Kereta gantung, gondola, bahkan bangunan-bangunan yang ada di New-Venezia itu adalah bangunan-bangunan bergaya Renaissance. Selain itu, dalam anime ini juga tidak ada adegan kekerasan. Tidak ada senjata. Kehidupan berjalan damai dengan irama yang tenang. It’s an utopia, but it’s worth to dream for.

Pendek kata, saya suka banget anime ini. Dan, gara-gara lagunya terutama, tadi malam saya tidur dengan tenang (jarang-jarang lho…). Tapi sedikit kecewa nih, karena Aria the Animation ini hanya sepanjang 13 episode. Ada sih, yang lebih panjang, versi yang satunya, tapi belum ketemu..

Komentar
  1. afiemaniez (males login...) mengatakan:

    ada bagian yang bikin ketawa2nya gak??
    *keseringan nonton dorama komedi…..:p*

  2. suandana mengatakan:

    Bagian yang bikin ketawa? Banyak banget tuh… Kalau diceritain nanti jadi posting tersendiri. Nonton aja… Ayo, nonton… *provokasi*

  3. Takodok! mengatakan:

    Hummm…knapa setiap postingan mas bikin saya jadi tambah pengen cepet pulang? Krn saya baru bisa nonton bebas kalo di rumah. Disini? Boro2 dah.

    Bedewei, lagunya bikin ngantuk itu pertanda “menenangkan batin” atau boring ya?:mrgreen:

  4. suandana mengatakan:

    Makanya, ayo cepet pulang…😀
    Lagu yang bikin ngantuk? Saya milih yang “menenangkan batin” aja… *serius*

  5. jejakpena mengatakan:

    bayi kucing jantan kecil bermulut lebar nan lucu milik Orange Planet Company yang diberi nama MAA.

    Hmm… *manggut-manggut*

    Lho?? kok kaya nama seseorang ya?😆

  6. suandana mengatakan:

    Ya itu, lho Mbak… Makanya ada kalimat lanjutannya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s